Yoga Luhur Prasetyo (2015) Kualitas Pelayanan Pertanahan (Studi Tentang Aspek-Aspek Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Pertanahan Kabupaten Sidoarjo). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (321kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf Download (312kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf Download (255kB) |
|
Text (BAB I)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (520kB) |
|
Text (BAB II)
5. BAB II GAMBARAN UMUM DAN KAJIAN PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only until 23 January 2023. Download (365kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
6. BAB III PENYAJIAN, ANALISIS, DAN INTERPRETASI TEORITIK.pdf Restricted to Registered users only until 23 January 2023. Download (478kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
7. BAB IV PENUTUP.pdf Restricted to Registered users only until 23 January 2023. Download (278kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only until 23 January 2023. Download (278kB) | Request a copy |
|
Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 23 January 2023. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pelayanan publik telah menjadi tanggung jawab pemerintah sebagai aktor utama yang harus memberikan pelayanan kepada setiap warga negaranya tanpa terkecuali. Melalui pelayanan publik, pemerintah telah memberikan berbagai macam produk pelayanan kepada masyarakat yang salah satu produknya adalah sertifikat tanah. Kantor Pertanahan Kabupaten Sidoarjo merupakan salah satu lembaga yang bertanggung jawab dalam menerbitkan sertifikat kepada masyarakat yang ada di Kabupaten Sidoarjo. Masyarakat sering mengeluhkan pelayanannya yang berbelit-belit dan melebihi jangka waktu yang telah ditentukan. Rumusan masalah yang muncul dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kualitas pelayanan publik yang ada di Kantor Pertanahan Kabupaten Sidoarjo. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah kualitas pelayanan yang ada di Kantor Pertanahan Kabupaten Sidoarjo. Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan kualitas pelayanan publik yang ada di Kantor Pertanahan Kabupaten Sidoarjo. Untuk mengetahui kualitas pelayanan di Kantor Pertanahan Kabupaten Sidoarjo, digunakan 12 aspek kualitas pelayanan publik sesuai dengan UU nomor 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Informan dipilih secara random dan purposive dimana para informan terdiri dari staf kantor pertanahan dan masyarakat Kabupaten Sidoarjo yang mendapatkan pelayanan. Selain melalui wawancara, data diperoleh dari hasil observasi dan dokumentasi. Setelah data diperoleh, maka dilakukan proses analisis dan interpretasi data untuk kemudian dapat ditarik kesimpulannya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa kualitas pelayanan yang ada di Kantor Pertanahan Kabupaten Sidoarjo kurang optimal. Namun beberapa aspek seperti ketepatan waktu, keseimbangan hak dan kewajiban, serta fasilitas dan perlakuan khusus bagi kaum rentan, masih belum bisa dibilang baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 FIS. AN. 42/15 Pra k | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Pelayanan Publik, Kualitas Pelayanan, Pertanahan | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD3611-4730.9 Industrial policy. The state and industrial organization Including licensing of occupations and professions, subsidies, inspection, government ownership, municipal services | ||||||
Divisions: | 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Yuliana Ariandini Ayuningtyas | ||||||
Date Deposited: | 19 Oct 2015 12:00 | ||||||
Last Modified: | 23 Jan 2020 06:29 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16074 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |