KESENIAN �DAMAR MUNCAR�(MAKNA SIMBOLIK KESENIAN DAMAR MUNCAR BAGI MASYARAKAT DESA LEMBOR KECAMATAN BRONDONG KABUPATEN LAMONGAN)

AHMAD NAILUL MURTAJI, 070917044 (2013) KESENIAN �DAMAR MUNCAR�(MAKNA SIMBOLIK KESENIAN DAMAR MUNCAR BAGI MASYARAKAT DESA LEMBOR KECAMATAN BRONDONG KABUPATEN LAMONGAN). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-murtajiahm-30114-7.abstr-k.pdf

Download (338kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2014-murtajiahm-30114-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kesenian Damar Muncar adalah tergolong dalam seni verbal dan seni musik. Seni verbalnya yaitu syair-syair yang turun temurun diwariskan menjadi isi dari kesenian tersebut, sedangkan seni musiknya berdasarkan syair-syair yang dilagukan dan berirama sehingga menjadi kesatuan kesenian. Dasar penulis melakukan penelitian ini adalah karena melihat kesenian Damar Muncar ini sebelumnya belum ada yang mengambil objek penelitian kesenian tersebut di Desa Lembor. Kesenian Damar Muncar ini merupakan salah satu kesenian hadrah yang berkembang di Indonesia dari budaya Islam. Perpaduan antara agama dan kebudayaan Jawa menjadi dasar dari kesenian yang hanya ada di Desa Lembor ini. Kesenian Damar Muncar terdiri dari 18 rowi dan makhalul qiam sholawat nabi serta syair Damar Muncar dalam bahasa Jawa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji lebih dalam tentang makna kesenian Damar Muncar yang ada di Desa Lembor bagi masyarakat setempat. Mengenalkan kesenian Damar Muncar ke luar daerah Desa Lembor, karena kesenian ini hanya ada di daerah tersebut. Menurut Geertz kebudayaan dipandang sebagai pola makna (pattern of meaning) yang diwariskan secara historis dan tersimpan dalam simbol-simbol yang dengan itu manusia kemudian berkomunikasi, berperilaku dan memandang kehidupan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Fokusnya adalah menggambarkan makna simbolik secara menyeluruh tentang kesenian Damar Muncar. Dalam menentukan informan, penulis menentukan informan berdasarkan orang yang memiliki status sebagai pelaku (tokoh masyarakat) yang sudah lama hidup bersama masyarakat setempat. Syair-syair yang ada dalam kesenian Damar Muncar yang terdiri dari rowi-rowi Arab dan syair Jawa bermakna tentang keharusan umat Islam untuk meramaikan Langgar atau masjid sebagai tempat ibadah untuk mempertahankan ajaran-ajaran agama Islam. Kesenian Damar Muncar bagi masyarakat Desa Lembor dianggap sebagai suatu kesenian. Memiliki makna bahwa Damar Muncar sebagai kesenian dari orang tua terdahulu yang harus dilestarikan agar tidak hilang, dan sebagai bentuk penghormatan kepada Nabi Muhamad agar mendapatkan pahala dan keselamatan. Kesenian Damar Muncar masih bertahan dan dilaksanakan di Desa Lembor karena masih adanya kemauan dari masyarakat untuk melaksanakan kesenian dalam acara-acara yang diadakan oleh masyarakat. Kesenian Damar Muncar sebagai pedoman bagi masyarakat Desa Lembor untuk melaksanakan kehidupan mereka sehari-hari sesuai dengan ajaran agama yang terkandung dalam kesenian Damar Muncar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS ANT. 26/14 Mur k
Uncontrolled Keywords: Damar Muncar , art , symbolic meaning , East Java
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion > BL1-2790 Religions, Mythology, Rationalism
M Music and Books on Music > M Music
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
AHMAD NAILUL MURTAJI, 070917044UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPudjio Santoso, Drs., M.Sosio.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 03 Mar 2014 12:00
Last Modified: 06 Sep 2016 09:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16335
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item