POLA PENYEMBUHAN PENYAKIT CACINGAN PADA ANAK SEKOLAH DI SDN BENOWO 1 DAN SDN BABAT JERAWAT 1 KECAMATAN PAKAL KOTAMADYA SURABAYA

AJENG WIDYA WIBAWANI, 070917058 (2013) POLA PENYEMBUHAN PENYAKIT CACINGAN PADA ANAK SEKOLAH DI SDN BENOWO 1 DAN SDN BABAT JERAWAT 1 KECAMATAN PAKAL KOTAMADYA SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-wibawaniaj-30116-7.abstr-k.pdf

Download (429kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
16337.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penyakit cacingan terjadi melalui penularan telur cacing yang dibawa oleh vektor ke tubuh manusia. Beberapa faktor yang mempengaruhi terjadinya penyakit cacingan seperti, (1) Lingkungan fisik; (2) Pengetahuan mengenai kesehatan, kebersihan dan penyakit; (3) Budaya masyarakat. Lingkungan fisik terdiri dari lingkungan sekolah, lingkungan rumah sehingga dapat berpengaruh terhadap tingkah laku anak sehari-hari. Contoh perilakunya adalah kebiasaan mencuci tangan, kebiasaan memakai alas kaki, mekanisme pemilihan makanan, dan kebiasaan olahraga. Berdasarkan data penelitian 2013, dari seratus responden terdapat empat puluh lima responden yang pernah terjangkit penyakit cacingan. Sehingga tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pola penyembuhan siswa yang terjangkit penyakit cacingan di SDN Benowo I dan SDN Babat Jerawat I, Kecamatan Pakal, Surabaya. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data berdasarkan pengamatan (observasi) dan wawancara, diharapkan informasi yang dibutuhkan oleh peneliti dapat terpenuhi. Hasil dari penelitian yakni, pertama, penyebab penyakit cacingan berkaitan dengan kebiasaan dalam berperilaku sehingga siswa dapat menyebutkan ciri-ciri sehat dan sakit. Perilaku sehat yakni, kebiasaan mencuci tangan, mekanisme pemilihan makanan, pemilihan tempat bermain, dan intensitas olahraga. Perilaku sakit yakni, tubuh lemas tidak bertenaga, wajah pucat. Kedua, pola penyembuhan penyakit cacingan terdiri dari, (a) sistem pengobatan oleh dokter, (b) pengobatan P3K (Pertolongan Pertama), (c) sistem pengobatan dengan meminum obat cacing, (d) sistem pengobatan menggunakan minyak goreng. Sehingga ada pengaruh antara faktor penyebab penyakit cacingan dan cara penyembuhan penyakit cacingan untuk mengetahui pola penyembuhan penyakit cacingan pada siswa kelas 4 SDN Benowo I dan SDN Babat Jerawat I, Kecamatan Pakal, Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS ANT. 28/14 Wib p
Uncontrolled Keywords: cause of disease, healing patterns, helminth infection, elementary school
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GT Manners and customs
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
AJENG WIDYA WIBAWANI, 070917058UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorLucy Dyah Hendrawati, S.Sos, M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 04 Mar 2014 12:00
Last Modified: 18 Jun 2017 18:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16337
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item