NOVAN KHARISMA SALAINTI, 070911054 (2013) Transparansi Dan Akuntabilitas Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Surabaya Dalam Rangka Pengelolaan Penanganan Keluhan (Complaint Handling) Mengenai Pelayanan Publik. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-salaintino-28342-7.abstr-k.pdf Download (237kB) | Preview |
|
Text (FULLTEXT)
16.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Keluhan merupakan suatu bentuk dari pernyataan kecewa dari masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan.Keluhan dari masyarakat dapat menjadi acuan utama untuk meningkatkan kualitas pelayanan dengan partisipasi masyarakat. Untuk itu diperlukan suatu keseriusan untuk menangani semua keluhan. Dalam penelitian ini Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Surabaya menyadari bahwa diperlukan suatu keseriusan untuk menangani semua keluhan. oleh karena itu Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Surabaya berusaha untuk transparan dan akuntabel dalam mengelola keluhan. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab permasalahan terkait bagaimana transparansi dan akuntabilitas dinas kependudukan dan catatan sipil kota surabaya dalam rangka pengelolaan penanganan keluhan (complaint handling) mengenai pelayanan publik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan penanganan keluhan. Peneliti berusaha menjawab permasalahan diatas, dengan metode penelitian kualitatif secara deskriptif menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam dan dokumen yang relevan. Setelah dilakukan analisa dan interpretasi data maka hasil kesimpulan yang didapat bahwa Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Surabaya sudah transparan dalam pengelolaan penanganan keluhan dapat dilihat dari disediakannya media papan informasi yang menyediakan informasi tentang pengelolaan penanganan keluhan dan juga sangat akuntabel dalam pengelolaan penanganan keluhan dilihat dari adanya tim khusus dalam mengelola keluhan, memberikan laporan hasil kegiatan penanganan keluhan kepada masyarakat.
Actions (login required)
View Item |