Program Kemitraan dan Bina Lingkungan Sebagai Strategi Pembentukan Citra Perusahaan Studi Kasus Program Corporate Social Responsibility PT Petrokimia Gresik

YUNIDIA NIKEN HAPSARI, 070915030 (2014) Program Kemitraan dan Bina Lingkungan Sebagai Strategi Pembentukan Citra Perusahaan Studi Kasus Program Corporate Social Responsibility PT Petrokimia Gresik. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-hapsariyun-30529-7.abstr-k.pdf

Download (114kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
11.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Fokus penelitian ini adalah implementasi salah satu program corporate social responsibility (CSR) perusahaan yaitu Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) sebagai upaya membentuk citra perusahaan PT Petrokimia Gresik. Penelitian ini signifikan karena masih sedikitnya penelitian pembentukan citra perusahaan ditinjau dari program CSR PKBL. Beberapa penelitian mengkaji implementasi PKBL pada perusahaan BUMN tetapi tidak dalam membentuk citra perusahaan, di antaranya adalah penelitian Hafizh Syahrial (2006). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi PKBL PT Petrokimia Gresik sebagai upaya pembentukan citra perusahaan. Tinjuan pustaka yang digunakan adalah Public Relations (PR) dan strategi pembentukan citra, citra dan macam-macam citra, masyarakat sebagai stakeholder perusahaan, dan CSR sebagai community relations. Metode penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif dan tipe penelitiannya yaitu deskriptif. Peneliti mengumpulkan data dengan wawancara mendalam (in depth interview) kepada seorang karyawan Departemen Humas dan seorang karyawan Departemen PKBL PT Petrokimia Gresik, serta melakukan observasi terhadap data-data sekunder yang relevan. Hasil penelitian ini adalah PKBL di PT Petrokimia Gresik selain memenuhi kewajiban sebagai BUMN, juga menjadi strategi perusahaan untuk membentuk citra positif. Pemberian bantuan dalam PKBL PT Petrokimia Gresik untuk membentuk citra perusahaan dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu sentralistik yang mana sama dengan bina lingkungan dan desentralistik sama dengan program kemitraan. PKBL PT Petrokimia Gresik membentuk citra yang baik bagi masyarakat, hal ini telah ditunjukkan oleh pencapaian yang telah dilakukan Departemen Humas perusahaan dalam menjalankan PKBL selama tahun 2012 dan pengakuan masyarakat yang dihimpun oleh informan penelitian, yang menyatakan bahwa mereka merasakan manfaat dari PKBL yang diberikan oleh PT Petrokimia Gresik, sehingga kesan baik terhadap perusahaan terbentuk di kalangan masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K.25/14 Hap p
Uncontrolled Keywords: BUMN
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD59-59.6 Public relations. Industrial publicity
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
YUNIDIA NIKEN HAPSARI, 070915030UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNURUL RATNA SARI, S.IP., M.Comm.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email okta@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 20 Mar 2014 12:00
Last Modified: 02 Sep 2016 09:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16570
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item