MEYLIA HASTUTI, 070915095 (2014) Penerimaan Khalayak Remaja Perempuan Pembaca Majalah Gogirl! terhadap Konsep Kecantikan dalam Rubrik Q&A Fashion dan Beauty. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-hastutimey-30542-6.abstr-k.pdf Download (245kB) | Preview |
|
Text (FULLTEXT)
4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini tentang Penerimaan Khalayak Remaja Perempuan Pembaca Majalah Gogirl! terhadap Konsep Kecantikan dalam rubrik Q&A Fashion and Beauty. Sejak dahulu perempuan merupakan sosok yang tidak bisa lepas dari hal-hal yang merujuk pada kecantikan. Konsep kecantikan yang melekat pada perempuan merupakan salah satu bentuk pelanggengan kebudayaan yang diciptakan oleh media massa. Media massa yang sering dijadikan rujukan dalam memenuhi hasrat perempuan terhadap konsep kecantikan adalah majalah. Majalah merupakan sumber rujukan pengalaman pribadi dari kehidupan sehari-hari yang murah, karena didalam majalah membahas hal-hal yang berhubungan dengan keseharian seperti gaya hidup, fashion, kecantikan, dan lain-lain. Salah satu majalah lokal asli Indonesia yaitu Gogirl! mempunyai rubrik Q & A fashion and beauty yang dijadikan sebagai rujukan bagi pembaca khususnya remaja perempuan dalam memberikan solusi terhadap permasalahan fashion dan kecantikan, dimana masa-masa remaja adalah masa dimana mereka sedang mencari jati diri, ingin diakui, tampil menarik, cantik, fashionable, dan stylish. Menggunakan rumusan masalah yaitu bagaimana penerimaan remaja perempuan pembaca majalah Gogirl! terhadap definisi konsep kecantikan yang ada di dalam rubrik Q & A Fashion and Beauty. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menitikberatkan terhadap kedalaman analisis data dengan reception analysis yang diperoleh melalui teknik penggalian data focus group discussion. Analisis dan pembahasan dilakukan dengan menggunakan penerimaan konsep kecantikan dalam rubrik Q&A fashion and beauty baik konsep kecantikan yang bersifat outer (penampilan fisik) maupun inner beauty. Melalui analisis dan pembahasan data tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa konsep kecantikan yang diberikan rubrik Q&A Fashion and Beauty setiap informan memiliki persepsi masing-masing karena adanya perbedaan latar belakang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 Fis.K.33/14 Has p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | RECEPTION ANALISYS | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ793-799.2 Youth. Adolescents. Teenagers P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media |
||||||
Divisions: | 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Unnamed user with email okta@lib.unair.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 20 Mar 2014 12:00 | ||||||
Last Modified: | 05 Sep 2016 04:44 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16578 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |