STRATEGI MARKETING POLITIK CALON LEGISLATIF PARTAI DEMOKRASI INDONESIA PERJUANGAN (PDI-P) PADA PEMILU LEGISLATIF 2014 DI KABUPATEN SIDOARJO

MUHAMMAD BURHANUDIN (2015) STRATEGI MARKETING POLITIK CALON LEGISLATIF PARTAI DEMOKRASI INDONESIA PERJUANGAN (PDI-P) PADA PEMILU LEGISLATIF 2014 DI KABUPATEN SIDOARJO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (563kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (279kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (253kB)
[img] Text (PENDAHULUAN)
4. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (664kB)
[img] Text (GAMBARAN UMUM)
5. BAB 2 GAMBARAN UMUM.pdf

Download (326kB)
[img] Text (TINJAUAN)
6. BAB 3 TINJAUAN.pdf

Download (582kB)
[img] Text (PEMBAHASAN)
7. BAB 4 PEMBAHASAN DAN ANALISA.pdf

Download (405kB)
[img] Text (PENUTUP)
8. BAB 5 PENUTUP.pdf

Download (255kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (281kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN.pdf

Download (594kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kemenangan PDI-P secara Nasional dan peningkatan perolehan suara PDI-P di Kabupaten Sidoarjo pada pemilu lesgislatif 2014 sedikit banyak dipengaruhi oleh adanya isu Jokowi effect yang berkembang di masyarakat. Penelitian ini akan mencari tahu bagaimana isu tersebut dimanfaatkan oleh para caleg dalam membangun elektabilitas. Penelitian ini fokus pada bagaimana caleg PDI-P di Kabupaten Sidoarjo memanfaatkan isu Jokowi effect sebagai strategi marketing politik, selain itu penelitian ini juga akan mencari tahu bagaimana konsistensi caleg dalam memanfaatkan isu tersebut. Untuk menjawab fokus permasalahan itu maka metode yang digunakan yakni menggunakan metode kualitatif-deskriptif dengan melakukan wawancara terhadap caleg PDI-P sehingga diketahui bagaimana strategi dan konsistensi yang dilakukan oleh caleg. Teori marketing politik digunakan untuk menganalisa temuan data yang ada sehingga dapat diketahui bagaimana implementasi marketing politik terhadap strategi yang dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan isu Jokowi effect oleh para caleg secara berbeda dilakukan dimana ada yang memanfaatkan adapula yang tidak. Begitu pula konsistensi dalam pemanfaatan isu tersebut dapat ditemukan bahwa terdapat perbedaan konsitensi antar caleg dalam memanfaatkan. Strategi marketing politik yang diterapkan oleh para caleg PDI-P cenderung variatif dan adaptif terhadap pemilih. Selain itu temuan juga menunjukkan bahwa yang bekerja sebagai mesin pencalonan caleg lebih memanfaatkan jaringan politik pribadi daripada jaringan eletoral partai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.P 27/15 Bur s
Uncontrolled Keywords: POLITICAL MARKETING STRATEGY
Subjects: J Political Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM
MUHAMMAD BURHANUDINNIM071113039
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKris Nugroho, Dr., Drs., M.A.NIDN0030036204
Depositing User: Unnamed user with email okta@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 19 Oct 2015 12:00
Last Modified: 28 May 2020 13:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16630
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item