Implementasi Sistem Informasi Manajemen Pertanahan Nasional (SIMTANAS) dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Sertifikasi Tanah di Kantor Pertanahan Kabupaten Sidoarjo

VIVIN SEPTIAN FUDERYANTI, 070710028 (2011) Implementasi Sistem Informasi Manajemen Pertanahan Nasional (SIMTANAS) dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Sertifikasi Tanah di Kantor Pertanahan Kabupaten Sidoarjo. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-fuderyanti-20270-fisan5-k.pdf

Download (269kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-fuderyanti-17021-fisan5-i.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam penelitian ini, mencoba menggambarkan dan menilai/mengevaluasi implementasi Sistem Informasi Manajemen Pertanahan Nasional (SIMTANAS) yang merupakan konsentrasi Renstra BPN 2007-2009 yang harus diterapkan diseluruh Kantor Pertanahan di Indonesia sebagai upaya meningkatkan kualitas pelayanan sertifikasi tanah. Salah satunya adalah Kantor Pertanahan Kabupaten Sidoarjo yang telah menerapkannya, namun dalam kenyataannya kualitas pelayanan yang diberikan masih belum maksimal dan masih banyak keluhan dari masyarakat. Berdasarkan kenyataan tersebut, maka permasalahan ang diajukan adalah bagaimana implementasi Sistem Informasi Manajemen Pertanahan Nasional (SIMTANAS) dalam peningkatan kualitas pelayanan sertifikasi tanah di Kantor Pertanahan Kabupaten Sidoarjo tersebut. Untuk menjawab permasalahan ini, digunakan motode penelitian kualitatif dengan tipe peneltian deskriptif. Data-data diperoleh melalui proses observasi dan wawancara mendalam, data-data sekunder serta memanfaatkan hasil dokumenter. Pemilihan informan dilakukan secara purposive sampling. Proses analisis data dilakukan dengan mengkategorikan dan mengkombinasikan data-data yang diperoleh, dan juga menetapkan serangkaian hubungan keterkaitan antara data-data tersebut. Validasi data dilakukan melalui triangulasi sumber data sehingga data yang disajikan merupakan data yang absah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa telah ada perbaikan dan peningkatan kualitas pelayanan sertifikasi tanah di Kantor Pertanahan Kabupaten Sidoarjo setelah mengimplementasikan Sistem Informasi Manajemen Pertanahan Nasional (SIMTANAS) walaupu belum maksimal dan perlu adanya pengembangan. Telah adanya perubahan dan perlu dikembangkannya implementasi Sistem Informasi Manajemen Pertanahan Nasional (SIMTANAS) dalam pelayanan sertifikasi tanah tersebut dinilai dari beberapa hal, yaitu perbedaan dengan sistem sebelumnya, alur proses, sosialisasi, kebijakan, dampak dan kendala dalam implementasi Sistem Informasi Manajemen Pertanahan Nasional (SIMTANAS). Kata Kunci: Implementasi, Pelayanan sertifikasi tanah, SIMTANAS

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK 2 Fis AN 55 / 11 Fud i
Uncontrolled Keywords: PUBLIC SERVICES ; CERTIFICATION
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD101-1395.5 Land use Land tenure
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV40-69 Social service. Social work. Charity organization and practice
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
VIVIN SEPTIAN FUDERYANTI, 070710028UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorGatot Pramuka, Drs., MSUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 18 Oct 2011 12:00
Last Modified: 09 Sep 2016 04:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16691
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item