PENGARUH DESAIN INTERIOR PERPUSTAKAAN TERHADAP TINGKAT FREKUENSI MENGUNJUNGI PERPUSTAKAAN (Studi eksplanatif tentang pengaruh variabel ruang, warna, pencahayaan, sirkulasi udara dan tata suara terhadap tingkat frekuensi anak dalam mengunjungi perpusta

ALFIAN ADIANTO, 070610260 (2011) PENGARUH DESAIN INTERIOR PERPUSTAKAAN TERHADAP TINGKAT FREKUENSI MENGUNJUNGI PERPUSTAKAAN (Studi eksplanatif tentang pengaruh variabel ruang, warna, pencahayaan, sirkulasi udara dan tata suara terhadap tingkat frekuensi anak dalam mengunjungi perpusta. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-adiantoalf-20846-fisiip-k.pdf

Download (337kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-adiantoalf-17494-fisiip-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini menguji bagaimana pengaruh desain interior yang terdiri dari ruang, warna, pencahayaan, sirkulasi udara dan tata suara secara simultan dan parsial mempunyai pengaruh terhadap frekuensi anak dalam mengunjungi perpustakaan di Badan Arsip dan Perpustakaan Kota Surabaya. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh anak yang berusia antara yang pernah menggunakan layanan perpustakaan anak pada Badan Arsip dan Perpustakaan Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengambilan sampel menggunakan teknik pengambilan sampel dengan metode Purposive sampling, yang merupakan metode penetapan sampel dengan berdasarkan pada kriteria – kriteria tertentu. Pengukuran variabel bebas dan variabel terikat menggunakan skala likert. Data diuji dengan uji statistik regresi linear berganda dengan bantuan SPSS for windows version 15.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh secara bersama-sama (simultan) antara variabel desain interior terhadap motivasi mengunjungi perpustakaan dengan nilai nilai F hitung adalah 4,056 dengan taraf signifikan sebesar 0,001, selain itu penelitian ini juga membuktikan adanya pengaruh signifikan secara parsial antara variabel ruang, warna, sirkulasi udara, tata suara terhadap motivasi mengunjungi perpustakaan dengan probabilitas (Sig) masing – masing variabel tersebut yang kurang dari taraf signifikansi (0,05), namun untuk variabel pencahayaan tidak berpengaruh signifikan terhadap motivasi mengunjungi perpustakaan dengan probabilitas diatas taraf signifikansi (0,05). Variabel ruang diketahui memiliki pengaruh paling dominan terhadap motivasi mengunjungi perpustakaan dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,087 atau 8,7% dibandingkan variabel-variabel yang lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK 2 Fis. IIP. 52/11 Adi a
Uncontrolled Keywords: CONSUMER SATISFACTION ; LIBRARY - USER STATIFACTION
Subjects: T Technology > TH Building construction > TH2025-3000 Details in building design and construction
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
ALFIAN ADIANTO, 070610260UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorFitri Mutia, A. KS., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 15 Nov 2011 12:00
Last Modified: 09 Sep 2016 06:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16790
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item