KESEJAHTERAAN HIDUP LANSIA (Studi Tentang Pengaruh Dukungan Keluarga terhadap Kesejahteraan Hidup Lansia di Panti Werdha Hargo Dedali Surabaya)

INTANIA HADIARTA A.A., 070517627 (2009) KESEJAHTERAAN HIDUP LANSIA (Studi Tentang Pengaruh Dukungan Keluarga terhadap Kesejahteraan Hidup Lansia di Panti Werdha Hargo Dedali Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (Fulltext)
gdlhub-gdl-s1-2009-hadiartaaa-12995-fis.s.24-0.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (Abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2009-hadiartaaa-15657-abstrak-0.pdf

Download (624kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Lansia membutuhkan dukungan sosial (social support) demi kesejahteraan hidupnya. Dukungan keluarga merupakan dukungan sosial yang paling penting karena biasanya menyebabkan semangat hidup yang tinggi pada lansia dan menambah kesejahteraan hidupnya. Kesejahteraan hidup lansia tidak semata-mata ditentukan oleh kecukupan materi (ekonomi) saja, akan tetapi yang juga penting diperhatikan selanjutnya selain dukungan keluarga adalah masalah dukungan sosial dari orang lain atau lembaga. Ketika usia seseorang semakin lanjut serta sistem dukungan dari keluarga dekat dirasa semakin berkurang meskipun tidak seluruhnya menghilang maka di situlah kehadiran dukungan sosial dan pelayanan sosial dari panti werdha sebagai penyokong dukungan kelembagaan (institutional supporting system) tadi menjadi penting sebagai pengganti keluarga. Pada penelitian ini mengacu pada Teori Pertukaran Sosial. Pada teori pertukaran sosial ini, Homans menyatakan bahwa sumber kebahagiaan manusia umumnya berasal dari hubungan sosial. Faktor hubungan sosial dalam penelitian ini meliputi hubungan sosial antara lansia dengan keluarga dan hubungan sosial antara lansia dengan teman sebaya dalam lingkup panti serta hubungan lansia dengan pegawai panti werdha. Pada hubungan ini dikaji berbagai bentuk kegiatan yang diikuti lansia dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui jenis-jenis dukungan keluarga yang dapat mempengaruhi kesejahteraan hidup lansia dan untuk mengetahui besar atau tidaknya pengaruh dukungan keluarga tersebut terhadap kesejahteraan hidup lansia yang tinggal di Panti Werdha Hargo Dedali Surabaya. Penelitian ini merupakan tipe penelitian eksplanasi yang menggunakan teknik penarikan sampel secara purposive sampling. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa dukungan keluarga sangat berpengaruh terhadap kesejahteraan hidup lansia. Semakin tinggi dukungan keluarga yang diberikan kepada lansia di panti akan menyebabkan lansia-lansia penerima dukungan akan menemukan kesejahteraan hidupnya meskipun hidupnya kini tinggal di panti. Begitu pula sebaliknya, semakin rendah dukungan keluarga yang diberikan kepada lansia mengakibatkan lansia-lansia yang ada di panti semakin rendah juga tingkat kesejahteraan hidupnya atau dengan kata lain merasa tidak sejahtera hidupnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.S.24/10 Had k
Uncontrolled Keywords: OLD AGE, AGED - SERVICES FOR
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM706 Social structure
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
INTANIA HADIARTA A.A., 070517627UNSPECIFIED
Depositing User: Nurma Harumiaty
Date Deposited: 01 Jul 2015 12:00
Last Modified: 28 Oct 2016 19:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16983
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item