TITIK WULANDARI, 070610332 (2010) IKLAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN (Studi Pemaknaan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Melalui Iklan Televisi "Lifebuoy Berbagi Sehat". Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (Fulltext)
gdlhub-gdl-s1-2010-wulandarit-14319-fis.s.65-0.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
|
Text (Abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2010-wulandarit-17088-abstrak-0.pdf Download (705kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berawal dari ketertarika peneliti dengan adanya realitas yang ada dimana banyak iklan yang menampilkan kegiatan sosial yang dilakukan oleh perusahaan. Hal ini merupakan imbas dari wacana mengenai tanggung jawab sosial perusahaan merupakan suatu konsep yang menjadi perbincangan yang cukup menghangat. Disisi lain dari pengamatan peneliti masih banyak masyarakat yang belum mengetahui mengenai tanggung jawab sosial perusahaan, sehingga iklan dalam hal ini bisa dijadikan sebagai suatu bentuk penyampaian informasi tidak langsung mengenai tanggung jawab sosial itu sendiri. Iklan Lifebuoy Berbagi Sehat dipilih dalam penelitian ini karena lifebuoy merupakan salah satu produk yang cukup konsisten melakukan kegiatan sosial dan merepresentasikannya dalam iklan terutama di televisi. Untuk menganalisa realitas ini peneliti menggunakan mtode penelitian kualitatif dengan pardigma interpratatif yang secara khusus menggunakan teori interaksionisme simbolik yang dikemukakan oleh Mead dan Blumer, yang secara khusus konsep yang digunakan adalah proses berpikir dan significant other. Dalam penelitian ini, informan menyatakan bahwa apa yang dilakukan oleh Lifebuoy sudah cukup merepresentasikan tanggung jawab sosial perusahaan. Informan memaknai tanggung jawab sosial perusahaan sebagai bentuk pemberian bantuan yang diberikan perusahaan pada masyarakat dalam berbagai bentuknya. Sedangkan secara khusus penelitian ini juga membuktikan bahwa televisi bisa berperan sebagai significant others bagi informan berkenaan dengan pengetahuan akan tanggung jawab sosial perusahaan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 Fis.S.65/10 Wul i | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | ADVERSITING; SOCIAL RESPONSIBILITY | |||||||||
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM711-806 Groups and organizations > HM786-806 Organizational sociology. Organization theory H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM826 Social institutions |
|||||||||
Divisions: | 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Ilmu Sosiologi | |||||||||
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Depositing User: | Nurma Harumiaty | |||||||||
Date Deposited: | 02 Jul 2015 12:00 | |||||||||
Last Modified: | 30 Oct 2016 21:58 | |||||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17032 | |||||||||
Sosial Share: | ||||||||||
Actions (login required)
View Item |