IKLAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN (Studi Pemaknaan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Melalui Iklan Televisi "Lifebuoy Berbagi Sehat"

TITIK WULANDARI, 070610332 (2010) IKLAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN (Studi Pemaknaan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Melalui Iklan Televisi "Lifebuoy Berbagi Sehat". Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (Fulltext)
gdlhub-gdl-s1-2010-wulandarit-14319-fis.s.65-0.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (Abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2010-wulandarit-17088-abstrak-0.pdf

Download (705kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berawal dari ketertarika peneliti dengan adanya realitas yang ada dimana banyak iklan yang menampilkan kegiatan sosial yang dilakukan oleh perusahaan. Hal ini merupakan imbas dari wacana mengenai tanggung jawab sosial perusahaan merupakan suatu konsep yang menjadi perbincangan yang cukup menghangat. Disisi lain dari pengamatan peneliti masih banyak masyarakat yang belum mengetahui mengenai tanggung jawab sosial perusahaan, sehingga iklan dalam hal ini bisa dijadikan sebagai suatu bentuk penyampaian informasi tidak langsung mengenai tanggung jawab sosial itu sendiri. Iklan Lifebuoy Berbagi Sehat dipilih dalam penelitian ini karena lifebuoy merupakan salah satu produk yang cukup konsisten melakukan kegiatan sosial dan merepresentasikannya dalam iklan terutama di televisi. Untuk menganalisa realitas ini peneliti menggunakan mtode penelitian kualitatif dengan pardigma interpratatif yang secara khusus menggunakan teori interaksionisme simbolik yang dikemukakan oleh Mead dan Blumer, yang secara khusus konsep yang digunakan adalah proses berpikir dan significant other. Dalam penelitian ini, informan menyatakan bahwa apa yang dilakukan oleh Lifebuoy sudah cukup merepresentasikan tanggung jawab sosial perusahaan. Informan memaknai tanggung jawab sosial perusahaan sebagai bentuk pemberian bantuan yang diberikan perusahaan pada masyarakat dalam berbagai bentuknya. Sedangkan secara khusus penelitian ini juga membuktikan bahwa televisi bisa berperan sebagai significant others bagi informan berkenaan dengan pengetahuan akan tanggung jawab sosial perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.S.65/10 Wul i
Uncontrolled Keywords: ADVERSITING; SOCIAL RESPONSIBILITY
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM711-806 Groups and organizations > HM786-806 Organizational sociology. Organization theory
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM826 Social institutions
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Ilmu Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
TITIK WULANDARI, 070610332UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNovri Susan, S. Sos, MSi.UNSPECIFIED
Thesis advisorIB Wirawan, Prof. Dr.UNSPECIFIED
Depositing User: Nurma Harumiaty
Date Deposited: 02 Jul 2015 12:00
Last Modified: 30 Oct 2016 21:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17032
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item