Calista Wangsa, Wangsa (2011) Strategi Humas Pemerintah Kabupaten Jember Dalam Mengkomunikasikan Program Bulan berkunjung Ke Jember. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (Fulltext)
gdlhub-gdl-s1-2010-wangsacali-14815-fis.k.112.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
Text (Abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2010-wangsacali-17632-abstrak-2.pdf Download (569kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berusaha mendeskripsikan strategi Humas Pemerintah Kabupaten Jember dalam Program Bulan Berkunjung ke Jember (BBJ) sebagai upaya city branding. Program BBJ menarik perhatian peneliti karena Humas Pemkab Jember meletakkan pondasi awal city branding melalui program tersebut. Meskipun strategi dalam Program BBJ jauh dari kesempurnaan city branding, namun upaya Humas telah membuka peluang awal bagi Kabupaten Jember untuk lebih dikenal masyarakat luas. Aktifitas Humas Pemkab Jember hadir sebagai program strategis dalam beberapa tahapan, meliputi defining the problem, planning and organizing, action and communicating, dan evaluating. Proses ini penting dilalui untuk menjamin keberhasilan dari goals yang ingin dicapai Humas Pemkab Jember. Oleh karena itu, rumusan permasalahan yang diangkat penelitian ini adalah bagaimana strategi Humas Pemerintah Kabupaten Jember dalam Program Bulan Berkunjung ke Jember (BBJ) sebagai upaya city branding. Pendekatan kualitatif dipilih untuk mengetahui strategi yang diterapkan Humas Pemkab Jember dalam Program BBJ sebagai upaya city branding. Untuk itu peneliti perlu menggali aktivitas Humas Pemkab Jember dengan cara wawancara mendalam kepada Kepala Bagian beserta tim Humas Pemkab Jember, Ketua PHRI Jember (Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia), serta Wakil Presiden JFC (Jember Fashion Carnaval). Dari penelitian ditemukan bahwa Humas Pemkab Jember memiliki strategi khusus dalam membangun city branding yaitu melalui strategi “Sapu Bersih” (memaksimalkan media kampanye yang ada), serta menjadikan JFC sebagai special event dalam Rangkaian Program BBJ. Dimana visi Pemkab Jember adalah untuk menciptakan city branding ‘Jember sebagai Kota Karnaval Dunia.’ Adapun strategi yang diterapkan Humas Pemkab Jember dalam Program BBJ dipetakan dalam suatu proses yang berkesinambungan, yaitu meliputi defining the problem, planning and organizing, action and communicating, dan evaluating.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 Fis.K.112/10 Wan s | ||||||
Uncontrolled Keywords: | PUBLIC RELATION | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT51-1595 Communities. Classes. Races > HT101-395 Urban groups. The city. Urban sociology > HT321-325 The city as an economic factor. City promotion H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT51-1595 Communities. Classes. Races > HT101-395 Urban groups. The city. Urban sociology > HT390-395 Regional planning |
||||||
Divisions: | 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Nurma Harumiaty | ||||||
Date Deposited: | 02 Jul 2015 12:00 | ||||||
Last Modified: | 31 Oct 2016 23:53 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17049 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |