NUNKY PRIMADITHA PUTRI, 070610118 (2010) Analisis Kebijakan Music Director dalam Menentukan Lagu yang Diputar pada Program Siaran Radio Swasta di Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (Abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2010-putrinunky-18102-abstrak-0.pdf Download (693kB) | Preview |
|
Text (Fulltext)
gdlhub-gdl-s1-2010-putrinunky-15061-fis.k.74-0.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini berangkat dari latar belakang karakteristik radio sebagai media massa yang masih bertahan ditengah berkembangnya media televisi dan new media. Sebagai suatu organisasi, manajemen media massa radio memiliki elemen-elemen yang berperan dalam penyelenggaraan proses penyiaran, termasuk Music Director yang memiliki kebijakan. Fenomena tersebut dirumuskan sebagai masalah penelitian yaitu kebijakan yang diambil oleh Music Director, faktor-faktor yang melatarbelakangi serta faktor-faktor lain yang dipertimbangkan dalam kebijakan Music Director dalam menentukan lagu yang diputar pada program siaran radio Swasta di Surabaya. Peneliti menggunakan tinjauan pustaka yang terkait dengan radio sebagai media penyiaran, ekonomi media, teori dalam manajemen radio, bisnis broadcasting, kebijakan dalam organisasi. Metodologi yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode depth interview. Sasaran penelitian adalah Music Director dari tiga radio swasta dengan segmentasi pendengar yang sama di Surabaya. Untuk menganalisis, peneliti mengubah transkrip dari hasil wawancara mendalam menjadi bentuk narasi. Hasil penelitian menunjukkan kebijakan Music Director antara lain menentukan lagu yang dapat diputar dan tidak dapat diputar pada radio tersebut, menentukan lagu yang disusun pada playlist. Faktor-faktor yang melatarbelakangi kebijakan Music Director : format radio; segmentasi pendengar; ideologi Music Director; penentu kebijakan yaitu Music Director itu sendiri tanpa adanya pengaruh dari Program Director, owner, divisi lain, atau pendengar; penyusunan dan perubahan playlist yang terdiri dari penentuan lagu, mood solar time, jenis lagu, komposisi lagu; program siaran. Adapun faktor lain yang turut dipertimbangkan antara lain : strategi yang digunakan oleh suatu radio; pengiklan; persaingan radio swasta; permintaan pasar; serta alasan komersial.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||
---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KK KKB Fis K 74/10 Put a | ||||
Uncontrolled Keywords: | MUSIC - RADIO | ||||
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media | ||||
Divisions: | 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi | ||||
Creators: |
|
||||
Depositing User: | Nurma Harumiaty | ||||
Date Deposited: | 02 Jul 2015 12:00 | ||||
Last Modified: | 02 Nov 2016 01:54 | ||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17066 | ||||
Sosial Share: | |||||
Actions (login required)
View Item |