INTERAKSI SOSIAL DALAM KEPEMIMPINAN PEREMPUAN (Studi Interaksi Sosial dalam Organisasi Pemerintahan Yang Dipimpin oleh Perempuan di Lingkungan Kecamatan Krembangan Kota Surabaya)

Pramesuri, Dwikunti, NIM. 070316999 (2008) INTERAKSI SOSIAL DALAM KEPEMIMPINAN PEREMPUAN (Studi Interaksi Sosial dalam Organisasi Pemerintahan Yang Dipimpin oleh Perempuan di Lingkungan Kecamatan Krembangan Kota Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-pramesurid-5725-fiss29-k.pdf

Download (444kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
17159.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Fenomena menarik terjadi dalam institusi pemerintah Kota Surabaya. Terjadi suatu moment bersejarah karena setelah hampir setengah abad lebih laki-laki mendominasi sejarah kepemimpinan pemerintahan di Kota Surabaya Akhirnya dilantik seorang perempuan yang diangkat menjadi camat di Kecamatan Krembangan pada 22 Desember 2006. Fenomena ini merupakan suatu angin segar bagi pengakuan publik terhadap kepemimpinan perempuan. Artinya, seorang perempuan diberi kesempatan untuk menunjukkan kemampuannya dalam memimpin suatu wilayah kecamatan. Ketika seorang perempuan memimpin suatu institusi pemerintahan yang didominasi laki-laki, maka akan berdampak pada interaksi sosial yang berlangsung di dalam institusi tersebut, karena bagaimanapun juga seorang pemimpin melalui kewenangannya akan membuat suatu kebijakan-kebijakan yang mengatur wilayah kecamatan beserta struktur. lnteraksi ini dipengaruhi oleh sikap pemimpin seseorang yang menduduki jabatan tertinggi, nilai-nilai gender, respon dan sikap seseorang dalam melakukan suatu interaksi. Untuk mengkaji lebih dalam mengenai interaksi sosial dalam kepemimpinan perempuan, diadakanlah penelitian yang bertujuan untuk mengetahui interaksi sosial yang berlangsung dalam struktur organisasi kecamatan. Selanjutnya mencari hubungan antara sikap kepemimpinan yang dijalankan camat perempuan dengan interaksi sosial yang berlangsung dalam struktur organisasi kecamatan. Sedangkan hipotesis dalam penelitian ini adalah ada pengaruh antara sikap kepemimpinan yang dijalankan camat perempuan dengan interaksi sosial yang berlangsung dalam struktur organisasi kecamatan . Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu suatu pendekatan yang terkait dengan teknik-teknik survai sosial seperti wawancara terstruktur dan kuesioner yang tersusun, sedangkan tipe penelitian yang digunakan adalah eksplanasi dengan tingkat (korelasi yang telah dihipotesiskan dan diteliti untuk di hitung koefisien komparasinya_ Perhitungan ini akan menggunakan tes statistik analisis korelasi Rank Spearman. Populasi dalam penelitian ini seluruh pegawai dan lurah di Kecamatan Krembangan. Populasi berjumlah 42 orang dengan perincian sebagai berikut: 32 staf, 4 kepala seksi, dan 1 sekretaris camat di Kecamatan Krembangan, serta 5 lurah yang wilayah kerjanya termasuk dalam Kecamatan Krembangan_ Responden diambil dari seluruh jumlah populasi karena sifat atau karakteristik populasi yang jumlahnya sedikit dan homogen. Hasil penelitian didapatkan suatu kenyataan bahwa ada hubungan antara sikap pemimpin yang dijalankan camat perempuan dengan interaksi sosial yang berlangsung dalam struktur organisasi kecamatan. Sikap pemimpin yang terbuka dalam menerima aspirasi bawahan, disiplin dalam melaksanakan tugas, memberikan pengarahan dan penjelasan atau dengan kata lain bisa mengayomi bawahan, mempunyai dampak yang baik terhadap keberlangsungan interaksi sosial antar pegawai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis S 29/07 Pra i
Uncontrolled Keywords: SOCIAL INTERACTION; LEADERSHIP IN WOMEN
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ1101-2030.7 Women. Feminism
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
Pramesuri, Dwikunti, NIM. 070316999UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSutinah, Dra., MSUNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 07 Jan 2008 12:00
Last Modified: 20 Jun 2017 22:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17159
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item