Pemanfaatan Koleksi Perpustakaan Sekolah Dalam Menunjang Belajar Siswa Di SMP Negeri 33 Surabaya (Studi Deskriptif Terhadap Pemanfaatan Koleksi Perpustakaan Sekolah Dalam Menunjang Belajar Pada Siswa Kelas III Di SMP Negeri 33 Surabaya )

YUSTIN NESTY CITRASARI, 070517565 (2010) Pemanfaatan Koleksi Perpustakaan Sekolah Dalam Menunjang Belajar Siswa Di SMP Negeri 33 Surabaya (Studi Deskriptif Terhadap Pemanfaatan Koleksi Perpustakaan Sekolah Dalam Menunjang Belajar Pada Siswa Kelas III Di SMP Negeri 33 Surabaya ). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-citrasariy-17865-fisiip-k.pdf

Download (547kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-citrasariy-14929-fisiip-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kehadiran perpustakaan sebagai sumber belajar karena adanya pengakuan bahwa belajar tidak cukup hanya berasal dari guru atau instruktur saja. Perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar memliki banyak fungsi yaitu fungsi edukatif berupa pengembangan daya pikir siswa, kecakapan berbahasa siswa, serta kemampuan siswa dalam memecahkan masalah dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Fungsi informatif dimana perpustakaan sekolah sebagai penyedia sumber-sumber bahan bacaan yang beraneka ragam, bermutu, dan mutakhir. Selanjutnya sebagai fungsi riset dimana perpustakaan sekolah bertugas melayani para pemakai untuk memperoleh informasi sebagai bahan rujukan untuk kepentingan penelitian. Dan fungsi rekreatif dimana perpustakaan sekolah dapat menjadi tempat bagi siswa untuk mengisi waktu luang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tipe penelitian kuantitatif deskriptif. Tujuan penelitian ini adalah berupaya untuk memberikan gambaran mengenai pemanfaatan koleksi perpustakaan sekolah dalam menunjang belajar siswa dikarenakan dalam kegiatan belajar siswa tidak hanya memperoleh pengetahuan yang berasal dari guru akan tetapi juga memperoleh pengetahuan yang berasal dari pengalaman siswa tersebut oleh karena itu sebagai sumber belajar siswa di sekolah perpustakaan sekolah harus mampu menyediakan koleksi-koleksi sesuai dengan kebutuhan siswa. Metodologi penelitian yang digunakan adalah sebagai berikut: (1) Pendekatan penelitian secara kuantitatif, (2) Tipe penelitian deskriptif, (3) Lokasi penelitian di SMP Negeri 33 Surabaya tepatnya di bagian perpustakaannya, (4) Teknik pengambilan sampling secara simple random sampling, (5) Instrumen penelitian dengan menggunakan kuesioner/ angket, (6) Teknik pengumpulan data melalui data primer, data sekunder, observasi, dan studi pustaka, (7) Analisis data dengan menggunakan kualitatif deskriptif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS IIP 86/10 Cit p
Uncontrolled Keywords: SCHOOL LIBRARY
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1555-1602 Elementary or public school education
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
YUSTIN NESTY CITRASARI, 070517565UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTri Susantari, DRA., M.SIUNSPECIFIED
Depositing User: Ika Rudianto
Date Deposited: 07 Apr 2011 12:00
Last Modified: 06 Jun 2016 00:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17336
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item