Efektivitas Kegiatan Komunitas Online Pecinta Sejarah dan Budaya Gresik: Studi Deskriptif tentang kegiatan komunitas online Masyarakat Pecinta Sejarah dan Budaya Gresik

Biazamsha Kharisma Pinatih, 071016011 (2016) Efektivitas Kegiatan Komunitas Online Pecinta Sejarah dan Budaya Gresik: Studi Deskriptif tentang kegiatan komunitas online Masyarakat Pecinta Sejarah dan Budaya Gresik. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2016-pinatihbia-40266-5.abstr-k.pdf

Download (246kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
17749.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Era globalisasi dan modernisasi secara langsung maupun tidak langsung berpengaruh pada individu dikehidupan sehari – hari. Hal ini juga berpengaruh pada anggota komunitas masyarakat pecinta sejarah dan budaya Gresik atau Mataseger. Teknologi yang ada dimanfaatkan oleh komunitas Mataseger dalam melakukan kegiatan berdiskusi atau bertukar fikiran. Dengan adanya teknologi internet, dapat meminimalisir permasalahan tentang berdiskusi antar anggota komunitas dengan melakukan diskusi secara online. Kegiatan ini dilakukan melalui media online komunitas yakni website,blog dan facebook. Penelitian ini menggunaka pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Pada penelitian ini pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling atau penarikan sampel secara sengaja dengan jumlah sampel 73 responden yang merupakan anggota dari komunitas Masyarakat pecinta sejarah dan budaya Gresik. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan kuisioner sebagai instrumen penelitian selain itu probing atau wawancara singkat juga melengkapi data pada penelitian. Efektivitas pada penelitian diukur menggunakan tahapan input, conversion dan output yang merupakan tahapan dari teori efektivitas Jones. Selain mengukur efektivitas, penelitian ini juga meneliti tentang kualitas informasi yang didapatkan melalui kegiatan online komunitas. Kualitas informasi diukur menggunakan teori informasi dari Sanusi yang terdiri dari beberapa tingkat kualitas yakni akurat, tepat pada waktunya, relevan, lengkap dan jelas. Hasil dari penelitian didapatkan bahwa kegiatan online komunitas sudah dilakukan dengan efektif menurut tahapan-thapan nya, dan kualitas informasi yang didapatkan dari kegiatan online komunitas sudah baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis. IIP. 63/15 Pin e
Uncontrolled Keywords: COMMUNITY AND CULTURE
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
Biazamsha Kharisma Pinatih, 071016011UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNove Eka Variant Anna, S.Sos., MIMSUNSPECIFIED
Depositing User: Ani Sistarina
Date Deposited: 22 Feb 2016 12:00
Last Modified: 04 Jul 2017 16:47
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17749
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item