Isu-Isu Dan Penyelesaian Konflik Pasangan Suami Istri Beda Kasta Di Bali

Ida Ayu Prasastiasih Dewi (2015) Isu-Isu Dan Penyelesaian Konflik Pasangan Suami Istri Beda Kasta Di Bali. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL .pdf

Download (996kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (706kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (631kB)
[img] Text
4. BAB I PENDAHULUAN .pdf

Download (825kB)
[img] Text
5. BAB II GAMBARAN UMUM .pdf
Restricted to Registered users only until 27 May 2023.

Download (937kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB III PEMBAHASAN .pdf
Restricted to Registered users only until 27 May 2023.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN .pdf
Restricted to Registered users only until 27 May 2023.

Download (552kB) | Request a copy
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (636kB)
[img] Text
9. LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only until 27 May 2023.

Download (933kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berfokus pada isu-isu dan penyelesaian konflik pasangan suami-istri beda kasta di Bali. Subjek penelitianya adalah pasangan suami istri yang menikah beda kasta dan bertempat tinggal di Bali. Masyarakat Bali dikenal masih mempertahankan sistem kasta. Sehingga, penelitian ini menjadi penting dan menarik sebab isu yang diangkat masih menjadi hal yang sensitif di Bali. Kehadiran sistem ini juga kerap menjadi pemicu konflik tak terkecuali dalam sebuah perkawinan. Oleh karena itu, menarik untuk mengetahui “Bagaimanakah penyelesaian konflik pasangan suami istri beda kasta di Bali berdasarkan isu-isu konflik yang berkembang dari perkawinan tersebut?”. Teori yang digunakan dalam menganalisis isu-isu dan penyelesaian konflik perkawinan beda kasta ini adalah teori konflik dalam hubungan interpersonal yang disampikan DeVito dan Julia T. Wood serta pengembangan penyelesaian berdasarkan data dari informan penelitian. Metodologi penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, tipe penelitian eksploratif, metode studi kasus serta paradigma teori kritis. Kasta merupakan aspek yang sangat berpengaruh bagi informan dalam memunculkan isu - isu konflik dan penyelesaianya. Selain itu orientasi konflik, kepribadian informan, latar belakang keluarga, pengalaman hidup dan lokasi tempat tinggal pun berpengaruh. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa isu konflik yang dipicu pihak eksternal seperti penolakan keluarga asal, penolakan keluarga pasangan serta aturan bahasa, cenderung diselesaikan dengan penyelesaian avoidance dan diam. Terutama jika permasalahan dipicu oleh pihak keluara asal dan pasangan. Kedua, isu konflik masalah anak mengenai upaya memperoleh anak, cara pengasuhan, cara mendidik dan merawat ketika sakit, cenderung diselesaikan dengan penyelesaian face destracting, verbal aggresiviness, force, serta avoidance. Adapun alternative penyelesaian lainya adalah diam dan menyerahkan kepercayaaan kepada Tuhan melalui doa. Ketiga, isu mengenai karakter pasangan. Penyelesaian yang cenderung digunakan untuk menyelesaikan konflik ini antara lain face destracting, force, verbal aggresiviness serta avoidance. Alternatif yang digunakan adalah face encahing, talk, diam, memeluk pasangan, dan berpura-pura tidak ada konflik. Keempat, isu konflik mengenai finansial. Penyelesaian yang cenderung digunakan adalah talk. Alternatif penyelesaian antara lain adalah diam, bekerja, berhenti bekerja, berdoa dan argumentasi logis. Melalui penelitian ini juga ditemukan data atas perubahan pandangan mengenai seks bebas pada masyarakat Bali.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis. K. 09-15 Dew i
Uncontrolled Keywords: CONFLICT � MARRIAGE; INTERPERSONAL COMMUNICATION
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ760-767.7 Family size
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Ida Ayu Prasastiasih DewiNIM071115073
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNisa Kurnia IllahiatiNIDN0030128401
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 24 Feb 2015 12:00
Last Modified: 27 May 2020 04:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17881
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item