PERILAKU MEROKOK DI KALANGAN REMAJA ( Studi Kualitatif Tentang makna perilaku merokok di kalangan remaja putri Surabaya )

RETA RISANTI, 070417143 (2008) PERILAKU MEROKOK DI KALANGAN REMAJA ( Studi Kualitatif Tentang makna perilaku merokok di kalangan remaja putri Surabaya ). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
gdlhub-gdl-s1-2008-risantiret-9670-fiss15-k.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (861kB) | Preview
[img] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (861kB) | Request a copy
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian tentang perilaku merokok di kalangan remaja putri diawali dengan makin maraknya perilaku merokok yang kini dilakukan oleh remaja putn. Dewasa ini sering terlihat remaja putri yang merokok di kafe-kafe, lounge-lounge, kampus, tempat-tempat hi'buran, angkutan umum dan paling berani sekarang mereka merokok sambil berjalan. Dari penelitian ini, permasalahan yang dikaji adalah:(1)Bagaimana remaja putri memaknai perilaku merokok yang dilakukannya (2)Alasan-alasan apa saja yang melatarbelakangi perilaku merokok remaja putri, dan (3)Bagaimana reaksi lingkungan sosial dan stigmatisasi yang diterima/dialami oleh remaja putri yang merokok. Dalam penelitian ini inenggunakan tipe penelitian deskriptif dan dianalisis secara kualitatif. Para informan adalah berkelamin perempuan, berusia 15—24 tahun dan belum menikah serta prokok remaja putri yang ditemukan di tempat-tempat atau lokasi tertentu dan tengah melakukan aktivitas yakni merokok. Pada akhirnya informan yang berhasil diwawancarai sebanyak 6 informan. Pengumpulan data dilakukan melalui indepth interview dengan menggunakan pedoman wawancara. Data yang berhasil dikumpulkan kemudian dianalisis dengan dikategorikan dan diproses melalui pemetaan (mapping) dan menghubungkan klasifikasi dengan referensi teori yang ada. Berdasarkan temuan dan analisis data dapat disimpulkan bahwa makna merokok yang dilakukan oleh remaja putri adalah sebagai simbol kedewasaan, identitas, kebebasan, pergaulan, perlawanan, dan ungkapan perasaan. Alasanalasan yang melatarbelakangi perilaku remaja putri terdiri dari alasan-alasan intern seperti keinginan yang besar untuk mencoba rokok. Alasan-alasan eksterm seperti adanya kesempatan, ajakan teman sebaya, nuitasi dan tokoh idola, keluarga dan iklan. Reaksi sosial yang diterima oleh remaja putri yaitu: teguran lisan, gimjingan, tatapan aneh, menyudutkan, pemakian, hinaan, pelecehan seksual (digoda, dicolek-colek, dsb).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis S 15/08 Ris p
Uncontrolled Keywords: SMOKE; ADOLESCENT ABUSED
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV5800-5840 Drug habits. Drug abuse
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
RETA RISANTI, 070417143UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSepti Ariadi, Drs., MAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 06 Feb 2009 12:00
Last Modified: 11 Sep 2017 22:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17969
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item