MOTIF PENDENGAR TRIO BURULU DALAM MENDENGARKAN PROGRAM SANDIWARA RADIO BERBAHASA SUROBOYOAN TRIO BURULU RADIO SUZANA SURABAYA

QURRATU A'YUN MAS'AN, 070316818 (2007) MOTIF PENDENGAR TRIO BURULU DALAM MENDENGARKAN PROGRAM SANDIWARA RADIO BERBAHASA SUROBOYOAN TRIO BURULU RADIO SUZANA SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
gdlhub-gdl-s1-2008-masanqurra-9336-fisk36-k.pdf

Download (333kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-masanqurra-9170-fisk36-8.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sandiwara radio merupakan sebuah program siaran yang menyajikan pemaparan jalan cerita berbentuk uraian fakta atau pendapat yang disiarkan oleh beberapa karakter suara dengan dukungan sound effect yang dapat memperkuat suasana. Salah situ Sandiwara radio yang masih mengudara hingga saat ini adalah Trio Burulu. Sandiwara radio berbahasa Surabaya yang bergenre komedi ini disiarkan setiap hari oleh Radio Suzana sejak tahun 1977. Dengan menyajikan tema cerita seperti percintaan remaja, problem rumah tangga, kegiatan sekolah atau kegiatan di lingkungan kerja, mitos-mitos hantu dan cerita rakyat, serta cerita-cerita keseharian masyarakat Surabaya membuat program ini mampu mempertahankan pendengar lama mereka serta mampu menjaring pendengar yang baru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif' dengan tingkat analisis deskriptif' yang bertujuan untuk menjelaskan motif yang melatar belakangi pola konsumsi pendengar Trio Burulu terhadap program Trio Burulu Radio Surtna Surabaya. Motif dalam penelitian ini dikategorikan ke dalam empat bagian yaitu motif infiormasi, motif integrasi dan interaksi social, motif diversity, dan motif identitas pribadi. Teori yang digunakan adalah teori Uses and Grali ication yang menyatakan bahwa pada dasarnya khalayak bercifat aktil'dan selektif'dalam memilih media massa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara aksidental dan Surabaya ditetapkan sebagai lokasi penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa motif utama pars pendengar Trio Burulu dalam mendengarkan program Sandiwara radio tersebut adalah motif integrasi dan interaksi sosial, dimana para pendengar Trio Burulu menjadikan program tersebut sebagai sarana untuk meningkatkan empati sosial. Dengan mengikuti alur cerita yang disajikan, para pendengar Trio Burulu dapat ikut merupakan apa yang dirasakan oleh orang lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis K 36/08 Mas m
Uncontrolled Keywords: RADIO PLAYS; DRAMA
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
QURRATU A'YUN MAS'AN, 070316818UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRatih Puspa, S.Sos, MAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 19 Feb 2009 12:00
Last Modified: 15 Jun 2017 21:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18010
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item