PERILAKU KESEHATAN IBU PRA DAN PASCA PERSALINAN (Studi Deskriptif Tentang Perilaku Kesehatan Ibu Pra dan Pasca Persalinan di Daerah Pemukiman Kumuh Kelurahan Gubeng Kecamatan Gubeng Surabaya)

WIDYA INDRIASARI, 070417506 (2008) PERILAKU KESEHATAN IBU PRA DAN PASCA PERSALINAN (Studi Deskriptif Tentang Perilaku Kesehatan Ibu Pra dan Pasca Persalinan di Daerah Pemukiman Kumuh Kelurahan Gubeng Kecamatan Gubeng Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ASBTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2009-indriasari-9950-fiss53-k.pdf

Download (481kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-indriasari-9500-fiss53-8.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berangkat dari ketertarikan peneliti terhadap perilaku kesehatan ibu pra dan pasca persalinan di daerah pemukiman kumuh. Berdasarkan observasi yang dilakukan, masih banyak ibu-ibu di pemukiman kumuh yang mengabaikan perilaku kesehatannya. Tipe penelitian ini adalah deskriptif, yang berusaha memberikan gambaran dan menjelaskan tentang perilaku kesehatan ibu pra dan pasca persalinan di daerah pemukiman kumuh. Selain itu, peneliti juga mendeskripsikan peran significant others terhadap perilaku kesehatan ibu pra dan pasca persalinan. Dalam penelitian ini digunakan beberapa teori diantaranya Skiner dalam teori perilaku kesehatan yang menyebutkan bahwa perilaku manusia pada hakekatnya adalah tindakan atau aktivitas dari manusia yang dapat diamati langsung, maupun yang tidak dapat diamati oleh pihak lain. Perilaku adalah respons atau reaksi seseorang terhadap stimulus ( rangsangan luar ). Selain itu, juga digunakan teori-teori sosiologi kesehatan seperti Alonso yang menjelaskan mengenai 4 dimensi/aktivitas dan tindakan individu yang mengkhususkan mengenai perilaku kesehatan Sampel dalam penelitian ini adalah 50 responden dengan teknik purposive sampling atau teknik sampel bertujuan, yaitu ibu-ibu yang sudah memiliki anak dan bermukim di daerah kumuh kelurahan gubeng kecamatan gubeng di kota Surabaya. teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan instrumen kuesioner dan teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi univariat dan bivariat dengan tabel silang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ibu-ibu sudah berusaha untuk menjaga kesehatan ibu dan janin. Artinya, ibu-ibu telah melakukan prevention dan detection sehingga dapat diklasifikasikan sebagai perilaku pemeliharaan kesehatan (health maintenance). Kemudian, peran significant others persalinan yang terlihat paling dominan dalam mendorong ibu untuk berperilaku sehat selama masa pra dan pasca adalah ibu kandung dan suami.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK Fis S 53/08 Ind p
Uncontrolled Keywords: PRENATAL CARE
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA645.3-645.37 Home health care services
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
WIDYA INDRIASARI, 070417506UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSepti Ariadi, Drs., MAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 08 May 2009 12:00
Last Modified: 13 Sep 2016 05:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18029
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item