STUDI KASUS PENGARUH TINGKAT AKUNTABILITAS ANGGARAN PENDIDIKAN SEKOLAH TERHADAP TINGKAT MUTU PENDIDIKAN (TAHUN AJARAN 2006/2007)DI SMA NEGERI 3 SURABAYA

DIAN ARUM MANGGARSARI (2008) STUDI KASUS PENGARUH TINGKAT AKUNTABILITAS ANGGARAN PENDIDIKAN SEKOLAH TERHADAP TINGKAT MUTU PENDIDIKAN (TAHUN AJARAN 2006/2007)DI SMA NEGERI 3 SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2009-manggarsar-10020-fisan2-k.pdf

Download (447kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Mutu pendidikan di Negara kita masih menjadi salah satu persoalan besar. Rendahnya mutu pendidikan pada setiap jenjang dan satuan pendidikan, khususnya pendidikan dasar dan menengah merupakan salah satu permasalahan pendidikan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia saat ini. Akuntabilitas anggaran pendidikan merupakan salah satu hal untuk membenahi mutu pendidikan. Pembenahan sistem pendidikan tidak akan terjadi dengan sendirinya apabila aspek yang mempengaruhinya tidak dibenahi. Ketersediaan fasilitas sarana dan prasarana sekolah sebagai penunjang kegiatan belajar mengajar di sekolah harus terus dilengkapi dan berkecukupan. Sekolah dituntut pertanggungjawaban anggaran pendidikan yang diterima tiap sekolah untuk peningkatan mutu sekolah itu. Namun, permasalahan muncul ketika fasilitas sarana dan prasarana sekolah kurang memadai yang sangat mempengaruhi proses belajar mengajar di sekolah. Padahal setiap sekolah sudah mendapat anggaran peningkatan mutu dari pemerintah setempat. Dimana akuntabilitas keuangan suatu institusi pelayanan publik akan dimintai pertanggungjawaban seberapa besar efektifitas dan efisiensi penyelenggaraan setiap kegiatan publik yang notabene dibiayai oleh uang rakyat. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian survei dan dianalisis dengan menggunakan bantuan SPSS 12.0. Penelitian ini bermaksud untuk mengkaji pengaruh dan pola hubungan dari variabel tingkat Akuntabilitas Anggaran Pendidikan Sekolah terhadap tingkat mutu pendidikan di sekolah. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara variabel tingkat Akuntabilitas Anggaran Pendidikan Sekolah dengan tingkat mutu pendidikan di sekolah dengan koefisien korelasi sebesar 0,478. Sedangkan pada uji korelasi regresi sederhana diperoleh hasil bahwa variabel tingkat Akuntabilitas Anggaran Pendidikan Sekolah dengan tingkat mutu pendidikan (Tahun Ajaran 2006/2007) di SMA Negeri 3 Surabaya berpengaruh secara signifikan dimana, thitung (4,246) > ttabel (1,999). Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah bahwa tingkat Akuntabilitas Anggaran Pendidikan Sekolah mempunyai hubungan dan pengaruh yang signifikan terhadap tingkat mutu pendidikan di sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis AN 20/08 Man s
Uncontrolled Keywords: Education Financial Accountability, School Education Quality
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ2005-2216 Income and expenditure. Budget
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1603-1696.6 Secondary education. High schools
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
DIAN ARUM MANGGARSARIUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSunaryo, Drs., MPStUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 01 Jun 2010 12:00
Last Modified: 29 Jun 2016 02:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18165
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item