REPRESENTASI MASKULINITAS DALAM PROGRAM REALITY SHOW (ANALISIS TEXTUAL MASKULINITAS DALAM PROGRAM REALITY SHOW BE A MAN 2 EPISODE 5 GLOBAL TV)

Annisa Pratiwi, 070517603 (2009) REPRESENTASI MASKULINITAS DALAM PROGRAM REALITY SHOW (ANALISIS TEXTUAL MASKULINITAS DALAM PROGRAM REALITY SHOW BE A MAN 2 EPISODE 5 GLOBAL TV). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2010-pratiwiann-14052-fisk20-k.pdf

Download (88kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-pratiwiann-11895-fisk20-r.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Program reality show adalah salah satu program yang kini banyak di produksi oleh stasiun televisi. Salah satu program reality show yang menarik adalah “Be a Man 2”, dimana reality show ini menampilkan waria yang dilatih teknik dasar militer. Waria di media selama ini digambarkan sebagai sosok yang genit,penggoda,feminim namun pada reality show ini waria dilatih kegiatan militer yang khususnya dilakukan seorang laki-laki. Penelitian ini dilakukan untuk memaparkan bagaimana representasi nilai-nilai maskulinitas pada program televisi, yaitu reality show. Subjek dalam penelitian ini adalah program reality show “Be a Man 2” yang tayang di Global TV. Hal ini dianggap menarik oleh peneliti karena masih sedikit penelitian yang mengangkat tema mengenai representasi nilai-nilai maskulinitas pada program reality show dengan waria sebagai obyeknya. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan metode analisis tekstual. Seluruh hasil pengamatan akan dirangkai dan disimpulkan pada adegan manakah terdapat representasi maskulinitas dan bagaimana representasi nilai-nilai maskulinitas pada program ini. Hasil dari penelitian ini bahwa nilai-nilai maskulinitas seperti,gemar bertarung, berkompetisi, dan pemberani semakin diperkuat dan di konstruksikan ulang melalui tayangan reality show “Be a Man 2” tersebut. Selain itu, temuan data menarik lainnya adalah bahwa program ini menggambarkan waria dapat melakukan kegiatan laki-laki , meskipun identitas mereka tidak berubah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis k 20/10 Pra r
Uncontrolled Keywords: Reality show, Maskulinitas, Analisis Textual.
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Annisa Pratiwi, 070517603UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorYayan Sakti Suryandaru, S.Sos., MAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 01 Dec 2010 12:00
Last Modified: 21 Sep 2016 06:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18262
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item