PUJI NUR RAHMADANI, 07
(2010)
PERAN ORANG TUA TERHADAP LITERASI PADA ANAK TK (Studi Deskriptif Mengenai Peran Orang Tua Terhadap Literasi Pada Anak TK di Kabupaten Jombang).
Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Abstract
Literasi merupakan kemampuan yang terdiri dari bahasa, cara membaca, alfabetis, unit bahasa, penyesuaian suara dengan tulisan, intensitas membaca, intensitas menulis, ketertarikan membaca dan menulis, serta memori dan prestasi. Karena itulah literasi sangat penting ditanamkan sejak anak usia dini. Dengan harapan bahwa literasi bisa menjadi sebuah budaya. Mengingat saat ini literasi pada anak di Indonesia masih tergolong rendah. Kesadaran orang tua tentang pentingnya penanaman literasi pada anak juga masih tergolong rendah.
Penelitian tentang literasi sudah banyak dilakukan, tetapi penelitian tentang literasi pada anak masih belum banyak dilakukan. Terlebih lagi penelitian yang mengkaji tentang adanya peran orang tua terhadap literasi pada anak. Fenomena itulah yang menjadi dasar bagi penulis untuk melakukan sebuah penelitian mengenai peran orang tua terhadap literasi pada anak TK. Tujuannya adalah untuk mengetahui bagaimana peran orang tua terhadap literasi pada anak dan bagaimana gambaran literasi pada anak.
Penelitian ini dilakukan di lembaga pendidikan taman kanak – kanak di Kabupaten Jombang. Obyek penelitian adalah murid taman kanak – kanak pada tahun ajaran 2009 / 2010. Responden penelitian adalah orang tua murid taman kanak – kanak yang berjumlah 100 orang, yang dipilih menggunakan teknik multistage sampling atau sampel bertahap dengan memakai rumus Yamane. Hasil penelitian diketahui bahwa orang tua mayoritas memilih bentuk motivasi berupa tindakan, media motivasi berupa tulisan, intensitas motivasi setiap hari, fasilitas mainan edukatif. Sedangkan literasi pada anak dipengaruhi oleh kemampuan berbahasa, pengetahuan tentang huruf pada anak. Dengan ditunjang sarana literasi berupa buku cerita dan keinginan anak untuk membaca dan menulis sendiri.
Actions (login required)
|
View Item |