PENGARUH KNOWLEDGE SHARING ENABLERS TERHADAP KINERJA KARYAWAN : (Studi Eksplanatif tentang Pengaruh Knowledge Sharing Enablers terhadap Kinerja Karyawan PT Pembangkitan Jawa Bali, Unit Pembangkitan Gresik)

AYU SARASWATI, 070510499 (2010) PENGARUH KNOWLEDGE SHARING ENABLERS TERHADAP KINERJA KARYAWAN : (Studi Eksplanatif tentang Pengaruh Knowledge Sharing Enablers terhadap Kinerja Karyawan PT Pembangkitan Jawa Bali, Unit Pembangkitan Gresik). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-saraswatia-19743-fisiip-k.pdf

Download (92kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-saraswatia-16540-fisiip-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar belakang dilakukannya penelitian ini adalah semakin banyaknya organisasi yang mengimplementasikan knowledge sharing, dan mengeluarkan dana investasi yang tidak sedikit untuk menyediakan berbagai enablers dalam mendukung strategi tersebut. Dan berdasarkan konsep dari Choi (2002) dan penelitian sebelumnya dari Chan Wai Too (2008) dikemukakan bahwa knowledge sharing enablers memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan. Dengan mengambil lokasi penelitian pada PT Pembangkitan Jawa Bali, Unit Pembangkitan Gresik yang telah mengimplementasikan knowledge management sejak tahun 2006, peneliti berusaha membuktikan konsep tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif tipe eksplanatif terhadap sebanyak 80 responden. Penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik proporsional dan systematic random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh secara bersama – sama (simultan) maupun parsial antara variabel – variabel X yang terdiri atas variabel information technology, organizational structure, top management support, trust dan learning ability terhadap variabel Y (kinerja karyawan). Dan variabel yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap variabel kinerja karyawan adalah variabel information technology sehingga peran aktif pimpinan untuk senantiasa mempersuasi karyawan dengan melakukan komunikasi informal agar bersedia membagikan pengetahuannya pada portal KM juga perlu dilakukan dimana melalui usaha tersebut diharapkan tingkat akses terhadap portal KM semakin meningkat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis IIP 08/11 Sar p
Uncontrolled Keywords: information technology
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.5-58.64 Information technology
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
AYU SARASWATI, 070510499UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNove Eka V.A., , S.Sos., MIMSUNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 15 Sep 2011 12:00
Last Modified: 23 Jul 2016 02:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18314
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item