PENYELENGGARAAN LOKAKARYA KONSULTAN PARIWISTA DI DISBUDPAR PROVINSI JAWA TIMUR (Study tentang Pengorganisasian Penyelenggaraan Lokakarya Konsultan Pariwisata di Jawa Timur oleh DISBUDPAR Provinsi Jawa Timur)

BHAGAS HAPE YAKUZISWANTO, 071002035 (2014) PENYELENGGARAAN LOKAKARYA KONSULTAN PARIWISTA DI DISBUDPAR PROVINSI JAWA TIMUR (Study tentang Pengorganisasian Penyelenggaraan Lokakarya Konsultan Pariwisata di Jawa Timur oleh DISBUDPAR Provinsi Jawa Timur). Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (104kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Topik permasalahan peneliti yang peneliti ambil adalah mengenai pengorganisasian penyelenggaraan kegiatan lokakarya konsultan pariwisata di Jawa Timur. Dalam setiap kegiatan dibutuhkan pengorganisasian yang baik agar kegiatan tersebut lancar mulai dari persiapan hingga saat kegiatan. Hal ini dilakukan untuk mencapai tujuan dari kegiatan tersebut. Pada saat bersamaan gaya kepemimpinan dalam pengorganisasian juga berpengaruh pada kinerja anggota, yang juga menentukan kematangan dari para anggota. Pendelegasian yang baik juga merupakan salah satu syarat dimana proses pengorganisasian berjalan dengan baik. Dengan pendelegaisan yang baik, maka manajer atau pimpinan akan membrikan tanggung jawab kepada anggotanya, secara tidak langsung hal tersebut akan membuat anggota menuju pada “kematangan”. Dengan demikian, maka apabia ada kegiatan-kegiatan selanjutnya akan sanggung mengurangi atau bahkan meniadakan hambatan dan kendala-kendala dalam proses pengorganisasian dalam menjalankan suatu kegiatan. Baik mulai dari persiapan-kegiatan-akhir kegiatan. Adapun lokasi penelitian in bertempat di Ginas Kebudayaan dan Pariwisata JawaTimur yang beralamat di Jalan Wisata Menanggal Surabaya. Yang mana Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi JawaTimur selalu mengadakan kegiatan baik itu bersifat Lokakarya, Pelatihan, maupun Pameran yang bertujuan untuk melestarikan dan menjaga segala bentuk budaya yang ada di Jawa Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Kualitatif yaitu penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang terjadi dan dialamai oleh subjek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan dan sebagainya secara hilistik dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode. Hasil penelitian yang didapat peneliti berkenaan dengan proses pengoranisasian yang dilakukan manajer atau pemimpin kepada bidang-bidang kepanitiaan, menemukan beberapa hambtan dan kendala yang semestinya tidak terjadi. Mulai dari gaya kepemimpinan yang tidak efektif yang menyebabkan pendelegasian tidak berjalan dengan baik. Kesimpulan dari penelitian ini dalam proses pengorganisasian diperlukan seorang pemimpin yang efektif dalam menjalankan tugas. Pemimpin tersebut juga harus menjalankan fungsi pendelegasian dengan baik, agar manfaat pendelegasian dapat terjadi. Maka Kasi Usaha Jasa Pariwisata haru bisa bijaksana memberikan tanggugng jawab kepada bawahan dalam hal ini Staff Seksi Usaha Jasa Pariwisatadalam bidang yang sudah dibentuk untuk kegiatan lokakarya konsultan pariwisata

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 Fis. PW. 24/14 Yak p
Uncontrolled Keywords: TOURISM
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pariwisata (D3)
Creators:
CreatorsNIM
BHAGAS HAPE YAKUZISWANTO, 071002035UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEdwin Fiatiano, S.Sos.,M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 03 Apr 2014 12:00
Last Modified: 20 Jul 2016 08:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18466
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item