PROMOSI RESTORAN VEGETARIAN AHIMSA SURABAYA (Studi Deskriptif Tentang Sarana Promosi Penjualan dan Pertimbangannya di Restoran Vegetarian Ahimsa Surabaya)

DIAN WAHYU UTAMI, 070810316S (2011) PROMOSI RESTORAN VEGETARIAN AHIMSA SURABAYA (Studi Deskriptif Tentang Sarana Promosi Penjualan dan Pertimbangannya di Restoran Vegetarian Ahimsa Surabaya). Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2012-utamidianw-22350-abstrak-p.pdf

Download (10kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2012-utamidianw-18961-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Restoran Vegetarian Ahimsa Surabaya adalah sebuah restoran vegetarian yang sudah cukup lama berdiri di Surabaya, yaitu sejak tahun 1996. Jika dilihat dari jenis produk yang dihasilkan, umumnya restoran jenis ini kurang begitu diminati. Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui sarana promosi penjualan dan pertimbangan restoran vegetarian Ahimsa Surabaya dalam memilih sarana promosi penjualan untuk memasarkan produknya. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sarana promosi penjualan yang digunakan dan pertimbangan restoran vegetarian Ahimsa Surabaya dalam memilih sarana promosi penjualan untuk memasarkan produknya. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melakukan observasi, wawancara serta dokumen. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, peneliti memperoleh temuan bahwa sarana promosi penjualan yang digunakan oleh restoran vegetarian Ahimsa Surabaya adalah pemberian diskon dan premi pada konsumen yang membeli produknya. Pertimbangan restoran vegetarian Ahimsa Surabaya dalam memilih sarana promosi penjualan yang digunakan adalah komunitas IVS mampu memberikan peluang yang luas bagi restoran vegetarian Ahimsa untuk mendapatkan konsumen yang berkompeten dan apabila komunitas tersebut mengadakan kegiatan seminar dan sebagainya maka pihak restoran vegetarian Ahimsa Surabaya dapat ikut serta untuk mempromosikan produknya. Selain itu, restoran vegetarian Ahimsa Surabaya juga memiliki pertimbangan lain dengan pihak bank Danamon yang dianggap dapat memberikan peluang besar pada konsumen yang berkompeten bagi restoran tersebut karena diharapkan akan mendapat konsumen yang tidak hanya masyarakat vegetarian saja tapi semua masyarakat bisa menjadi konsumennya. Bank Danamon sendiri juga merupakan salah satu bank milik swasta yang cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia khususnya di Surabaya. Restoran vegetarian Ahimsa Surabaya juga memiliki pertimbangan tersendiri dalam memberikan premi khusus berupa extra dimsum pada konsumen yang memesan menu paket catering selama satu bulan penuh karena dimsum merupakan menu spesial yang tidak terdapat dalam daftar menu harian restoran tersebut serta menu yang cukup mahal jika dilihat dari proses pembuatannya yang cukup sulit. Hal tersebut dilakukan oleh restoran vegetarian Ahimsa Surabaya agar dapat menarik konsumen untuk memesan menu paket catering yang ditawarkan dengan jumlah yang cukup banyak.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KK-2 KKB Fis Pw 57 11 Uta p
Uncontrolled Keywords: RESTAURANT PROMOTION
Subjects: J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations > JZ5511.2-6300 Promotion of peace. Peaceful change
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pariwisata (D3)
Creators:
CreatorsNIM
DIAN WAHYU UTAMI, 070810316SUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEdwin Fiatiano, S.Sos,M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 02 Feb 2012 12:00
Last Modified: 26 Sep 2016 04:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18474
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item