ATTITUDE MENGHADAPI KOMPLAIN (Studi Deskriptif Tentang Attitude Waiter/Waitress Dalam Menghadapi Komplain Di Kencana Coffee Shop Garden Palace Hotel Surabaya)

FERY QURBANI SABILLILLAH, 070902047 (2012) ATTITUDE MENGHADAPI KOMPLAIN (Studi Deskriptif Tentang Attitude Waiter/Waitress Dalam Menghadapi Komplain Di Kencana Coffee Shop Garden Palace Hotel Surabaya). Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-sabillilla-24196-11.ABSTRAK.pdf

Download (103kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2013-sabillilla-24196-1.FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (563kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perkembangan kepariwisataan di Indonesia saat ini sudah sangat maju. Hal ini didukung dengan semakin lengkapnya departemen yang dimiliki oleh setiap hotel, khususnya hotel bintang empat. Kencana Coffee Shop sebagai tempat perjamuan makanan dan minuman yang disajikan kepada tamu. Oleh karena itu seorang waiter/waitress harus menerapkan attitude yang baik agar tamu dapat merasa nyaman pada saat berada di hotel. Attitude dalam pelayanan terutama seorang waiter/waitress selama ini memiliki peran penting dalam memberikan kesan yang baik bagi tamu. Dari latar belakang tersebut maka penulis mengangkat permasalahan mengenai attitude waiter/waitress dalam menghadapi komplain di kencana coffee shop dalam melayani tamu yang menikmati perjamuan makanan dan minuman di Kencana Coffee Shop Garden Palace Hotel Surabaya. Penulis menganalisis tentang attitude waiter/waitress dalam menghadapi komplain di Kencana Coffee Shop Garden Palace Hotel Surabaya. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui upaya apa saja yang sering menyebabkan komplain di Kencana Coffee Shop Garden Palace Hotel Surabaya yang sering dikeluhkan oleh para tamu. Dilihat pada cara memberikan pelayanan yang baik, attitude yang baik dalam menangani komplain, kemampuan individu yang baik dimiliki oleh seorang waiter/waitress, professional kerja yang harus dimiliki oleh seorang waiter/waitress. Metode yang digunakan oleh penulis adalah studi deskriptif dengan metode kualitatif. Artinya data didapat berdasarkan pengamatan secara langsung untuk memperoleh data berupa kata-kata atau kalimat berdasarkan fakta yang ada agar memperoleh gambaran atau kalimat yang jelas dan efisien. Oleh sebab itu hasil yang diharapkan oleh penulis dalam penelitian kali ini tentang attitude waiter/waitress dalam menghadapi komplain tamu di Kencana Coffee Shop terhadap tamu di Garden Palace Hotel Surabaya adalah perlunya perhatian lebih dalam mengawasi seorang waiter/waitress di Kencana Coffee Shop, mengadakan pelatihan-pelatihan khususnya pengetahuan tentang attitude dalam menghadapi komplain di Kencana Coffee Shop agar memperoleh pelayanan yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK - 2 Fis PW 61/12 Sab a
Uncontrolled Keywords: CONSUMER BEHAVIOR
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD9980.5 Service industries
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pariwisata (D3)
Creators:
CreatorsNIM
FERY QURBANI SABILLILLAH, 070902047UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNovianto Edi Suharno, SST.Par., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 01 May 2013 12:00
Last Modified: 22 Jul 2016 03:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18577
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item