HUBUNGAN LAMA MENSTRUASI DAN SIKLUS MENSTRUASI DENGAN PERUBAHAN KADAR HEMOGLOBIN SISWI KELAS II SMK YPM 11 WONOAYU SIDOARJO

ARNIS ESTI NARULITA, NIM010810113 (2012) HUBUNGAN LAMA MENSTRUASI DAN SIKLUS MENSTRUASI DENGAN PERUBAHAN KADAR HEMOGLOBIN SISWI KELAS II SMK YPM 11 WONOAYU SIDOARJO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
5. ABSTRAK .pdf

Download (257kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FK BID 105-14 Nar h.pdf
Restricted to Registered users only

Download (772kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Menstruasi merupakan perdarahan periodik dari uterus. Menurut teori, perdarahan pada saat menstruasi ini menyebabkan terjadinya penurunan konsentrasi hemoglobin yang akhirnya bisa menyebabkan anemia.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola menstruasi dengan perubahan kadar hemoglobin siswi kelas XI di SMK YPM 11 Wonoayu, Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode cross sectional dengan desain penelitian analitik. Populasinya adalah seluruh siswi kelas II SMK YPM 11 Wonoayu Sidoarjo sebesar 88 orang dengan jumlah sampel sebanyak 41 orang Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik simpel random sampling. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah perubahan kadar hemoglobin dan variabel independennya adalah lama menstruasi dan siklus menstruasi.Data yang terkumpul dianalisis dengan analisis anvariat dan bivariat dengan menggunakan program SPSS. Analisis bivariat dalam penelitian ini meliputi uji Korelasi Spearmen dan uji korelasi Pearson disertai dengan uji tambahan chi squere dan uji t- berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan, dari 41 responden, Sebanyak 97,6% responden memiliki lama menstruasi yang normal (4-18 hari) dan 2,4% memiliki lama menstruasi yang tidak normal (> 8 hari). Sedangkan berdasarkan siklus menstruasi, responden yang memiliki siklus menstruasi pendek sebanyak 21,9% , siklus menstruasi normal sebanyak 68,3%, dan siklus menstruasi penjang sebanyak 9,8%. Selain itu, rata- rata perubahan kadar hemoglobin yang dialami oleh responden sebesar 1,18289 gr/dl. Dengan chi squere diketahui terjadi peningkatan yang signifikan kejadian anemia responden antara sebelum menstruasi dengan saat menstruasi, yaitu sebesar 31,7%. Berdasarkan uji korelasi spermen didapatkan hasil tidak ada hubungan antara lama menstruasi dengan perubahan kadar hemoglobin responden(P=0,233), Sedangkan dari uji korelasi Pearson didapatkan hasil terdapat hubungan yang signifikan antara siklus menstruasi dengan perubahan kadar hemoglobin responden (p=0,000). Dengan adanya penelitian ini diharapkan adanya pemberian edukasi dan penyuluhan kepada remaja putri tentang sebab dan akibat anemia, serta cara menanggulanginya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK FK. BID 105 / 14 Nar h
Uncontrolled Keywords: MENSTRUASI
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics > RG1-991 Gynecology and obstetrics
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Pendidikan Bidan
Creators:
CreatorsNIM
ARNIS ESTI NARULITA, NIM010810113NIM010810113
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIndra Yuliati, , dr., Sp.OG (K)UNSPECIFIED
Depositing User: mrs siti muzaroh
Date Deposited: 04 Apr 2014 12:00
Last Modified: 02 Sep 2016 11:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18736
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item