PENGARUH STRESOR TERHADAP SEKRESI SALIVA PADA ANJING GOLDEN RETRIEVER (EFFECT OF STRESSOR ON THE SECRETION OF SALIVA IN GOLDEN RETRIEVER)

DIAN WAHYUDI (2010) PENGARUH STRESOR TERHADAP SEKRESI SALIVA PADA ANJING GOLDEN RETRIEVER (EFFECT OF STRESSOR ON THE SECRETION OF SALIVA IN GOLDEN RETRIEVER). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-wahyudidia-14824-kg1041-k.pdf

Download (304kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang. Stres adalah reaksi non-spesifik tubuh untuk setiap stimulus dalam bentuk apapun. Stres terjadi karena kebutuhan dasar manusia yang tidak memadai akan diwujudkan pada perubahan fungsi fisiologis, kognitif, emosional, dan perilaku. Sekresi air liur dipengaruhi oleh adanya stres. Perubahan sekresi saliva dapat mempengaruhi kesehatan rongga mulut. Tujuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh stressor pada sekresi saliva pada anjing. Metode. Penelitian ini dilakukan percobaan untuk anjing. stressor transportasi diberikan kepada anjing-anjing yang membuat stres anjing. Pada hari pertama, anjing-anjing tidak diberikan stressor transportasi dan kami mencatat waktu air liur menetes keluar dari rongga mulut anjing untuk kondisi normal. Pada hari kedua, anjing diberi stressor transportasi dan kami mencatat waktu air liur menetes keluar dari rongga mulut anjing untuk kondisi stres, dan kemudian kita membandingkan waktu dalam kondisi normal dan dalam kondisi stres. Hasil. Ada perbedaan yang signifikan terhadap perubahan sekresi saliva dengan kehadiran stressor. Kesimpulan. Stres mempengaruhi sekresi saliva.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK KG 104 / 11 Wah p (FULLTEXT TIDAK TERSEDIA)
Uncontrolled Keywords: STRESOR; SECRETION SALIVA
Subjects: R Medicine > R Medicine (General) > R735-854 Medical education. Medical schools. Research
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi
Creators:
CreatorsNIM
DIAN WAHYUDIUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEdhi Jularso, drg., M.SUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Sheli Erlangga Putri
Date Deposited: 17 Feb 2011 12:00
Last Modified: 25 Jun 2019 00:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/19872
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item