KONDISI SANITASI KAPAL DAN KELUHAN PENUMPANG TENTANG SANITASI DI KAPAL PENUMPANG KM "GUNUNG DEMPO"

MANITA TANA, 101011408 (2012) KONDISI SANITASI KAPAL DAN KELUHAN PENUMPANG TENTANG SANITASI DI KAPAL PENUMPANG KM "GUNUNG DEMPO". Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2012-tanamanita-21957-7.abstr-k.pdf

Download (262kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FKM.270-12.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kapal KM “Gunung Dempo” adalah salah satu kapal dari lima kapal penumpang milik PT PELNI yang melayani rute pelayaran Surabaya menuju Jayapura.Memerlukan jarak tempuh selama 1 minggu untuk tiba di pelabuhan Yos Sudarso Jayapura. Jarak tempuh yang lama ini sangat memungkinkan penyediaan sanitasi kapal yang kurang baik sehingga dapat menimbulkan keluhan pada penumpang. Penelitian ini termaksud penelitian deskriptip yang menurut waktu termasuk rancangan cross sectional dengan populasi penelitian adalah seluruh penumpang kapal KM” Gunung Dempo” dari Surabaya tujuan Jayapura dan sampel penumpang diambil menggunakan simple random sampling, variabel penelitian ini yaitu fasilitas sanitasi dan sanitasi ruang penumpang serta keluhan penumpang tentang sanitasi. Hasil penelitian didapatkan Responden yang diteliti sebagian besar berumur18-35 tahun (70%) dengan jenis kelamin terbanyak adalah laki-laki (72%) dan tingkat pendidikan paling banyak adalah tamat SMA (44%).Secara keseluruhan hasil penilaian fasilitas sanitasi di kapal Gunung Dempo pada dek 4 dan pada dek 5 mendapatkan kriteria memenuhi syarat.Hasil penilaian sanitasi ruang penumpang di kapal Gunung Dempo pada dek 4 dan pada dek 5 mendapatkan kriteria memenuhi syarat.Berdasarkan hasil wawancara penumpang kapal KM Gunung Dempo dari Surabaya tujuan Jayapura terhadap fasilitas sanitasi dan sanitasi ruang penumpang diperoleh keluhan terbanyak 77 penumpang menyatakan keluhan tentang sanitasi toilet saat baru naik dari pelabuhan Surabaya dan terjadi penurunan keluhan tentang sanitasi toilet menjadi 46 penumpang saat hendak turun di pelabuhan Jayapura. Saran diberikan adalah perlu adanya pemberitahuan berupa tulisan tentang cara penggunaan tombol air jamban di toilet untuk memudahkan penumpang menggunakannya dan hendaknya diadakan perbaikan jamban dan wastafel yang rusak di toilet dek 4 dan dek 5 sehingga dapat digunakan semestinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.270/12 Tan k
Uncontrolled Keywords: SANITATION
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA565-600 Environmental health
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA773-788 Personal health and hygiene
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
MANITA TANA, 101011408UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRirih Yudhastuti,, Dr.i, drh., M.Sc.UNSPECIFIED
Depositing User: prasetyo adi nugroho
Date Deposited: 21 Dec 2012 12:00
Last Modified: 01 Aug 2016 01:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/21884
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item