PENGARUH PEMAHAMAN TENTANG MENSTRUASI DENGAN HIGIENITAS MENSTRUASI (Sebuah Studi Pada Siswi Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Kertosono yang telah mengalami menarche)

YUPITA WIDYANINGSIH, 100331260 (2006) PENGARUH PEMAHAMAN TENTANG MENSTRUASI DENGAN HIGIENITAS MENSTRUASI (Sebuah Studi Pada Siswi Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Kertosono yang telah mengalami menarche). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-widyanings-2320-fkm270-k.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-widyanings-2320-fkm2706.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Permasalahan kesehatan reproduksi remaja saat ini masili menjadi masalah yang perlu mendapat perhatian. Kesehatan reproduksi remaja tidak hanya masalah seksual saja tetapi juga menyangkut segala aspek tentang organ reproduksinya. Terutama untuk remaja putri yang nantinya menjadi seorang wanita yang bertanggung jawab terhadap keturunannya, menjaga higienitas pads scat menstruasi sangat perlu untuk menghindari penyakit infeksi yang nantinya dapat sangat merugikan_ Pemahaman tentang menstruasi sangat diperlukan untuk dapat mendorong remaja yang mengalami menarche untuk menjaga higinitas pads saat menstruasi. Penelitian ini ingin melihat apakah ada hubungan antara pemahaman tentang menstruasi dengan praktek higinitas pads saat menstruasi. Penelitian ini dilakukan dengan rancangan cross sectional dengan pendekatan survey dan menggunakan data knalitatif Data diambil dengan menggunakan kuesioner yang diberikan kepada 42 orang siswa sekolah dasar yang telah mengalami menarche. Subyek penelitian ditank menggunakari duster random sampling untuk memilth sekolah dan siswi yang telah mengalami menarche diambil seluruhnya sebagai responden. Hasil penelitian mentmjukkan bahwa terdapat hubungan antara pemahaman remaja tentang menstruasi dengan higinitas menstruasi. Ini dibuktikan juga dengan basil analisis menggunakan rumus chi- square, didapatkan basil bahwa terdapat hubungan antara pemahaman tentang menstruasi dengan praktek remaja dalam menjaga higienitas menstruasi dengan nilai p= 0,031 (p<0,05). Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah bahwa higinitas menstruasi dapat dijaga bila remaja tersebut paham tentang apa sebenarnya menstruasi tersebut dan mengerti apa pentingnya menjaga kebersihan pads scat menstruasi. Adapun saran yang dapat diberikan dari penelitian ini adalah untuk orang tua berikanlah pendidikan kesehatan reproduksi sedini mungkin agar remaja dapat beitanggungjawab terhadap kesehatan repnoduksinya. Sedangkan bagi remaja sendiri menjaga higienitas sangat diperinkan agar nantinya dapat mengurangi resiko terjadinya penyakit infeksi pada organ reproduksi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.27/06 Wid p
Uncontrolled Keywords: adolescent, menarche
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ793-799.2 Youth. Adolescents. Teenagers
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA773-788 Personal health and hygiene
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Biostatistika dan Kependudukan
Creators:
CreatorsNIM
YUPITA WIDYANINGSIH, 100331260UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKuntoro, Prof., H., dr., M.Ph., Dr.PHUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 29 Sep 2006 12:00
Last Modified: 01 Oct 2016 07:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/21890
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item