PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN K3 PENGGUNAAN KETEL UAP DI RSU Dr. SOETOMO SURABAYA : Studi di Instalasi Pemeliharaan Sarana Medik RSU Dr. Soetomo Surabaya

ARUM DYNARIA DYAH MAHENDRA, 100431357 (2006) PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN K3 PENGGUNAAN KETEL UAP DI RSU Dr. SOETOMO SURABAYA : Studi di Instalasi Pemeliharaan Sarana Medik RSU Dr. Soetomo Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-mahendraar-2698-fkm158-k.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-mahendraar-2698-fkm158-6.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penggunaan ketel uap mempunyai risiko bahaya kecelakaan kerja yang tinggi antara lain : peledakan ketel uap, kebakaran, semburan cairan panas dan lain sebagainya. Penerapan Sistem Manajemen K3 Penggunaan Ketel Uap merupakan usaha untuk mencegah terjadinya risiko bahaya kecelakaan kerja. Tujuan umum penelitian ialah untuk mendeskripsikan penerapan Sistem Manajemen K3 Penggunaan Ketel Uap di RSU Dr. Soetomo Surabaya. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi rumah sakit sebagai bahan masukan dan pertimbangan untuk lebih meningkatkan penerapan Sistem Manajemen K3 Penggunaan Ketel Uap. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif observasional dengan desain cross sectional. Objek penelitiannya : sekretaris PK3RS, Kepala : IPSM, Koordinator Perencanaan IPSM, Unit Mesin IPSM, Koordinator Administrasi Teknik IPSM, Tata Usaha IPSM, operator ketel uap dan ketel uap di RSU Dr. Soetomo Surabaya. Waktu penelitian di lapangan mulai tanggal 15 Mei 2006 sampai dengan 16 Juni 2006. Variabel penelitian yaitu potensi bahaya, perencanaan Sistem Manajemen K3, penerapan Sistem Manajemen K3 dan tingkat pencapaian penerapan Sistem Manajemen K3 Penggunaan Ketel Uap. Data primer dari observasi dan wawancara, serta data sekunder diperoleh dari rumah sakit yang bersangkutan. Potensi bahaya penggunaan ketel uap di RSU Dr. Soetomo Surabaya terdiri dari potensi bahaya mayor dan minor. Perencanaan Sistem Manajemen K3 Penggunaan Ketel Uap dikategorikan baik sekali. Berdasarkan daftar periksa audit K3, penerapan Sistem Manajemen K3 Penggunaan Ketel Uap di RSU Dr. Soetomo Surabaya dikategorikan baik (58,33 %). Dua item masih menunjukkan penilaian yang kurang yaitu penyediaan alarm kebakaran dan kotak P3K. Berdasarkan hasil penelitian di atas disarankan adanya pemasangan alarm kebakaran dan penyediaan kotak P3K di ruang ketel uap.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.158/06 Mah p
Uncontrolled Keywords: implementing; Occupational Health and Safety Management System and boiler usage.
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T55-T55.3 Industrial safety. Industrial accident prevention
T Technology > TX Home economics > TX901-946.5 Hospitality industry. Hotels, clubs, restaurants, etc. Food service
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Creators:
CreatorsNIM
ARUM DYNARIA DYAH MAHENDRA, 100431357UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNeffrety Nilamsari, S.Sos., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 19 Oct 2006 12:00
Last Modified: 06 Jul 2017 21:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/21917
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item