MANFAAT FIRST AID TRAINING TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN TENTANG TANGGAP DARURAT MEDIS UNTUK PENDERITA LUKA BAKAR DI PT. ECCO INDONESIA

SITI LESTARI, 100510521 H (2010) MANFAAT FIRST AID TRAINING TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN TENTANG TANGGAP DARURAT MEDIS UNTUK PENDERITA LUKA BAKAR DI PT. ECCO INDONESIA. Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2009-lestarisit-10860-abstract-m.pdf

Download (691kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-lestarisit-10544-fkmhkk-9.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ada beberapa metode untuk mencegah keadaan darurat medis, salah satu upaya adalah dengan memberikan first aid training. Tujuan penelitian adalah mengidentifikasi manfaat first aid training terhadap peningkatan pengetahuan tentang tanggap darurat medis untuk penderita luka bakar di PT. Ecco Indonesia Penelitian ini termasuk penelitian observasional dengan pendekatan cross-sectional. Data primer dikumpulkan melalui hasil wawancara mengenai karakeristik tenaga kerja dan hasil nilai first aid training. Obyek penelitian ini adalah seluruh peserta first aid training di PT. Ecco Indonesia. Responden berjumlah 50 tenaga kerja. Data yang diperoleh dianalisis secara deskiptif dengan menggunakan narasi, tabel frekuensi, dan tabel tabulasi silang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan first aid training tentang tanggap darurat medis di Ecco Indonesia dapat dikatakan cukup baik karena sudah terjadwal, namum pelaksanannya tidak kontinyu. First aid training tentang tanggap darurat medis untuk penderita luka bakar di PT. Ecco Indonesia kurang bermanfaat untuk meningkatkan pengetahuan trainee karena peningkatan pengetahuan sebagian besar responden termasuk dalam kategori kurang. Perusahaan disarankan untuk melakukan peninjauan ulang terhadap efektivitas dari pelaksanaan first aid training yang meliputi materi yang disampaikan dan metode penyampaian materi dan menetapkan standard mengenai evaluasi persentase peningkatan pengetahuan sebagai indikator keberhasilan dari pelaksanaan first aid training.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKC KK FKM HKK .01/09 Les m
Uncontrolled Keywords: First aid training, degree of knowledge, the usefulness of first aid training
Subjects: R Medicine > R Medicine (General) > R5-920 Medicine (General)
R Medicine > R Medicine (General) > R735-854 Medical education. Medical schools. Research
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Hiperkes dan Keselamatan Kerja
Creators:
CreatorsNIM
SITI LESTARI, 100510521 HUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDErwin Dyah Nawawinetu, dr., MKes.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 01 Mar 2010 12:00
Last Modified: 01 Oct 2016 06:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22278
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item