PENGARUH FAKTOR-FAKTOR IKLIM ORGANISASI TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA PT. PLN (PERSERO) DISTRIBUSI JAWA TIMUR AREA PELAYANAN DAN JARINGAN SURABAYA UTARA

ASTRI AYU FEBRIYANTI, 040318399 (2009) PENGARUH FAKTOR-FAKTOR IKLIM ORGANISASI TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA PT. PLN (PERSERO) DISTRIBUSI JAWA TIMUR AREA PELAYANAN DAN JARINGAN SURABAYA UTARA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
SISTEM ELEKTRONIK TICKETING SEBAGAI CARA MENINGKATKAN CUSTOMER VALUE DALAM KAITANNYA DENGAN PENINGKATAN PROFIT PADA MASKAPAI PENERBANGAN - gdlhub-gdl-s1-2009-febriyanti-10252-b247-8.pdf

Download (506kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-febriyanti-10252-b247-8.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitan ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh faktor-faktor iklim organisasi secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang bermakna dan dari semua variabel bebas mana yang mempunyai pengaruh dominan terhadap kepuasan kerja karyawan PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Area Pelayanan dan Jaringan Surabaya Utara. Penelitian ini dilakukan mengingat pentingnya iklim organisasi bagi kepuasan kerja karyawan. Frindlander dan Margulies (1968) menjelaskan bahwa “individu dengan nilai kerja yang berbeda lebih puas dalam berbagai tipe iklim organisasi, dan kepuasan masing-masing individu dengan aspek-aspek yang berbeda dengan pekerjaan mereka tergantung pada komponen-komponen iklim tertentu”. Dasar yang digunakan adalah teori Litwin dan Stringer yang dikutip Toulson (1994:457), dimana mengungkap iklim organisasi melalui structure (X1), responsibility (X2), reward (X3), risk (X4), tolerance (X5), dan conflict (X6). Dan teori Smith et all. yang dikutip oleh Luthans (1998:144) digunakan untuk mengungkap kepuasan kerja karyawan sebagai variabel terikat (Y). Penelitian ini dilakukan pada 95 orang yang bekerja pada PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Area Pelayanan dan Jaringan Surabaya Utara. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Regresi Linear Berganda (multiple regression). Dengan menggunakan program SPSS versi 11,5 diperoleh persamaan regresi sebagai berikut : Y = 0,838 + 0,118 X1 + 0,227 X2 + 0,170 X3 + 0,130 X14 + 0,215 X5 - 0,111 X6 Kemudian dari hasil uji F dapat diketahui bahwa nilai F hitung sebesar 94,424 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 yang lebih kecil dari tingkat kesalahan yang ditolerir yaitu α = 0,05. hal ini mendukung hipotesis pertama yang menyatakan ada pengaruh signifikan antara iklim organisasi secara bersama-sama terhadap kepuasan kerja karyawan PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Area Pelayanan dan Jaringan Surabaya Utara. Dan dari besarnya nilai Beta (β) dapat diperoleh temuan bahwa imbalan merupakan variabel yang dominan mempengaruhi kepuasan kerja karyawan PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Area Pelayanan dan Jaringan Surabaya Utara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 247 / 08 Feb p
Uncontrolled Keywords: JOB SATISFACTION; MUNICIPAL SERVICES
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD3611-4730.9 Industrial policy. The state and industrial organization Including licensing of occupations and professions, subsidies, inspection, government ownership, municipal services
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
ASTRI AYU FEBRIYANTI, 040318399UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNURTJAHJA MOEGNI, Dra. Ec. Hj., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Luluk Lusiana
Date Deposited: 01 Oct 2009 12:00
Last Modified: 26 Sep 2016 02:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/2228
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item