ANALISIS HUBUNGAN CITRA PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PASIEN POLI DIABETES MELLITUS RUMAH SAKIT UMUM Dr. SOETOMO SURABAYA

HAFID LUQMAN HANAFI, 100830227 (2011) ANALISIS HUBUNGAN CITRA PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PASIEN POLI DIABETES MELLITUS RUMAH SAKIT UMUM Dr. SOETOMO SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-hanafihafi-17275-fkm258--k.pdf

Download (681kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-hanafihafi-14438-fkm258--e.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Citra merupakan gambaran dari kesan yang ditimbulkan akibat dari pelayanan yang diterima oleh masyarakat mengenai suatu produk atau jasa. Pasien yang mempunyai kesan baik terhadap pelayanan suatu rumah sakit, selain akan menjadi pelanggan yang loyal juga akan merekomendasikan orang lain untuk menggunakan rumah sakit tersebut jika sewaktu-waktu membutuhkan pelayanan kesehatan. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis hubungan citra pelayanan terhadap loyalitas pasien poli diabetes mellitus Rumah Sakit Umum Dr.Soetomo Surabaya. Metode dengan cara wawancara dipandu dengan kuesioner pertanyaan tertutup. Penelitian ini adalah penelitian survey yang bersifat analitik dengan sumber informasi pasien yang telah mendapatkan pelayanan kesehatan poli diabetes mellitus Rumah Sakit Umum Dr.Soetomo Surabaya yang dilakukan pada bulan Mei-Juni 2010. Penyajian data menggunakan tabel distribusi frekuensi, tabulasi silang(crosstabs), dan korelasi spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh kesan pasien terhadap citra pelayanan poli diabetes mellitus adalah baik, dan loyalitas pasien adalah loyal dan sangat loyal. Hal ini berarti pihak manajemen harus memperhatikan citra dan tetap menjaga kinerja serta kualitas pelayanan, lebih memberikan perhatian dan mengambil tindakan terhadap berbagai keluhan pasien untuk meningkatkan jumlah kunjungan dan menimbulkan kesan yang baik di masyarakat. Hasil uji korelasi spearman menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara citra pelayanan terhadap loyalitas pasien. Pihak RSU Dr.Soetomo hendaknya melakukan upaya untuk mempertahankan citra rumah sakit dan mengoptimalisasikan fasilitas untuk mempertahankan loyalitas pasien. Hal tersebut sangat membantu dalam rangka meningkatkan pemanfaatan rumah sakit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 258/10 Han a
Uncontrolled Keywords: polyclinic of diabetes mellitus, services image, and patients’ loyalty
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD9980.5 Service industries
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Administrasi Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM
HAFID LUQMAN HANAFI, 100830227UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRatna Dwi Wulandari, S.KM., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 29 Mar 2011 12:00
Last Modified: 10 Oct 2016 05:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22478
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item