Pengaruh Corporate Image Terhadap Keputusan Pembelian Pelayanan Rawat Inap Rumah Sakit Islam A. Yani Surabaya

PUTU AYU DHANA RESWARIN, 100710165 (2011) Pengaruh Corporate Image Terhadap Keputusan Pembelian Pelayanan Rawat Inap Rumah Sakit Islam A. Yani Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-reswarinpu-20738-fkm213-k.pdf

Download (294kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-reswarinpu-17385-fkm213-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Rumah Sakit Islam A.Yani Surabaya mengalami kenaikan BOR (Bed Occupancy Ratio) pada tahun 2008-2010 dengan rata-rata kenaikan sebesar 8,26%. Meskipun demikian, angka tersebut belum memenuhi standar parameter BOR ideal yang ditetapkan oleh Depkes (2005) sebesar 60-85%. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh corporate image terhadap keputusan pembelian pelayanan rawat inap Rumah Sakit Islam A.Yani Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian observasional-analitik dengan desain cross-sectional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kepala keluarga yang tinggal dalam radius 3 km mengelilingi Rumah Sakit Islam A.Yani Surabaya. Wawancara dengan panduan kuesioner dilakukan pada 96 kepala keluarga yang dikelompokkan secara proporsional menjadi responden pengguna dan non pengguna. Variabel yang diteliti yaitu karakteristik sosiodemografi (pekerjaan dan pendapatan) dan karakteristik psikografi (motivasi, persepsi, pembelajaran, serta sikap dan keyakinan) pada konsumen serta faktor corporate image (moralities, management, economic, service, dan convenience) pada Rumah Sakit Islam A.Yani Surabaya. Hasil statistik menunjukkan bahwa variabel yang signifikan adalah convenience dengan sig=0,010 dan nilai Exp(B)=0,364 yang menunjukkan bahwa ada pengaruh antara penilaian dan persepsi responden pada corporate image yang terletak pada aspek convenience terhadap intense purchase responden. Kesimpulan yang dapat ditarik yaitu responden yang memiliki image negatif pada aspek convenience akan memiliki kecenderungan lemah pada purchase intention pelayanan rawat inap jika dibandingkan dengan responden yang memiliki image positif pada aspek tersebut. Saran yang dapat dikemukakan yaitu pengadaan bakti sosial, pengadaan public relation, penambahan jenis dan bentuk media periklanan dan promosi, peningkatan pada aspek convenience, dan pengukuran lebih lanjut terhadap aspek convenience dan corporate image Rumah Sakit Islam A.Yani Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 213 / 11 Res p
Uncontrolled Keywords: HOSPITAL MANAJEMEN ; NURSES MEDICAL CARE
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
R Medicine > R Medicine (General) > R735-854 Medical education. Medical schools. Research
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
PUTU AYU DHANA RESWARIN, 100710165UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMaya Saridewi, S.KM., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 10 Nov 2011 12:00
Last Modified: 29 Jan 2019 07:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23047
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item