KELUHAN MUSCULOSKELETAL PADA TENAGA KERJA BONGKAR MUAT BARANG DI PT BINA USAHA SURYA PELABUHAN RAKYAT TANJUNG PERAK SURABAYA

MOCHAMMAD SHAILENDRA SUDJARWO, 100610343 –H (2011) KELUHAN MUSCULOSKELETAL PADA TENAGA KERJA BONGKAR MUAT BARANG DI PT BINA USAHA SURYA PELABUHAN RAKYAT TANJUNG PERAK SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-sudjarwomo-20769-fkm239-k.pdf

Download (293kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-sudjarwomo-17417-fkm239-k.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam suatu proses produksi, terdapat beberapa faktor yang harus diperhatikan untuk melindungi tenaga kerja dari bahaya potensial ergonomi yang mengganggu kesehatan dan menurunkan produktifitas. ujuan penelitian ini adalah mempelajari gambaran umum keluhan musculoskeletal pada tenaga kerja bongkar muat barang PT Bina Usaha Surya Pelabuhan Rakyat Tanjung Perak Surabaya yang meliputi karakteristik tenaga kerja, berat beban angkat angkut dan mempelajari cara dan sikap kerja yang diterapkan dalam mengangkat dan mengangkut barang. Penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional dan bersifat observasional, kemudian data yang diperoleh dari perusahaan baik primer maupun sekunder dianalisis secara deskriptif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa keluhan musculoskeletal dialami hampir seluruh tenaga kerja bongkar muat, dari sekian banyak keluhan musculoskeletal yang dialami maka keluhan paha yang paling banyak dialami (80%). Dari seluruh karakteristik dan berat beban angkat angkut tenaga kerja didapatkan data yang sangat mendukung munculnya keluhan musculoskeletal. Didukung dengan cara dan sikap kerja yang kurang baik yang diterapkan maka keluhan musculoskeletal semakin tak terhindarkan dan terakumulasi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan dan disarankan bahwa jenis pekerjaan bongkar muat barang memberi dampak yang besar bagi munculnya keluhan musculoskeletal yang ditunjang pula dengan karakteristik, berat beban angkat angkut dan cara dan sikap kerja yang diterapkan. Pembagian tugas dan penggunaan alat bantu kerja akan sangat membantu mengurangi dan menekan munculnya keluhan musculoskeletal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 239 / 11 Sud k
Uncontrolled Keywords: MUSCULOSKELETAL
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T55-T55.3 Industrial safety. Industrial accident prevention
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
MOCHAMMAD SHAILENDRA SUDJARWO, 100610343 –HUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNoeroel Widajati, S.KM, M.ScUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 11 Nov 2011 12:00
Last Modified: 28 Oct 2016 22:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23065
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item