FAKTOR YANG MEMPENGARUHI GANGGUAN FUNGSI PARU PADA PENGANTAR POS DI DELIVERY CENTRE SURABAYA UTARA

Rachmadi Akbar Dharmawan, 100810340 (2012) FAKTOR YANG MEMPENGARUHI GANGGUAN FUNGSI PARU PADA PENGANTAR POS DI DELIVERY CENTRE SURABAYA UTARA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
8.compressed_Part1.pdf

Download (166kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
8.pdf
Restricted to Registered users only

Download (895kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pengantar pos merupakan salah satu pengguna jalan yang berisiko mengalami gangguan fungsi paru. Selain karena adanya pencemaran udara, ada beberapa faktor yang mempengaruhi gangguan fungsi paru. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis faktor yang mempengaruhi gangguan fungsi paru pada pengantar pos di Delivery Centre Surabaya Utara. Penelitian ini adalah penelitian observasional dengan rancangan cross sectional. Sampel penelitian berjumlah 58 orang diambil dengan teknik stratified random sampling dari populasi sebanyak 65 pengantar pos. Variabel terikat dalam penelitian adalah gangguan fungsi paru. Variabel bebas adalah umur, masa kerja, jarak tempuh, pengetahuan, kebiasaan merokok, pemakaian masker, kebiasaan olahraga dan riwayat penyakit. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner dan pengukuran status fungsi paru dengan spirometer dan pengukuran jarak tempuh dengan aplikasi google maps. Analisis data menggunakan uji logistic regression. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara masa kerja ≥15 tahun (p=0,005), pengetahuan kurang (p=0,017), merokok (p=0,007) dan adanya riwayat penyakit (p=0,000) terhadap gangguan fungsi paru pada pengantar pos di Delivery Centre Surabaya Utara. Sedangkan umur ≥40 tahun (p=0,248), jarak tempuh jauh (p=0,357), pemakaian masker tidak benar (p=0,511) dan kebiasaan olahraga tidak baik (p=0,068) tidak signifikan berpengaruh terhadap gangguan fungsi paru pada pengantar pos di Delivery Centre Surabaya Utara. Kesimpulan penelitian adalah faktor yang mempengaruhi gangguan fungsi paru adalah masa kerja, pengetahuan, kebiasaan merokok dan riwayat penyakit. Promosi kesehatan, pemakaian masker yang benar, mengurangi kebiasaan merokok dan olahraga secara teratur merupakan beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meminimalkan terjadinya gangguan fungsi paru pada pengantar pos.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 14 - 12 Dha f
Uncontrolled Keywords: TUBERCULOSIS
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
Rachmadi Akbar Dharmawan, 100810340UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTri Martiana, Prof., Dr., dr., M.S.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email okta@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 22 Nov 2012 12:00
Last Modified: 03 Jul 2017 20:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23666
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item