ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKSI ASI PADA IBU MENYUSUI BAYI USIA 4-6 BULAN (PRIMIPARA) (Studi Di Wilayah Kerja Puskesmas Rubaru Kabupaten Sumenep)

Endang Susanti, 101011339 (2012) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKSI ASI PADA IBU MENYUSUI BAYI USIA 4-6 BULAN (PRIMIPARA) (Studi Di Wilayah Kerja Puskesmas Rubaru Kabupaten Sumenep). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2012-susantiend-21385-5.abstr-k.pdf

Download (252kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

ASI (Air Susu Ibu) merupakan makanan terbaik bagi bayi. Produksi ASI di pengaruhi oleh bentuk anatomi papila payudara, frekuensi hisapan bayi dan obat-obatan. Sebanyak 40,4% ibu menyusui yang ASI-nya tidak lancar dipengaruhi oleh faktor anatomi papila payudara, frekuensi hisapan bayi dan obat-obatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara anatomi papila payudara, frekuensi hisapan bayi dan obat-obatan terhadap produksi ASI pada ibu menyusui bayi usia 4-6 bulan. Jenis penelitian dengan observasional analitik. Sedangkan berdasarkan waktu penelitian adalah cross sectional. Sampelnya adalah 47 ibu primipara menyusui bayi usia 4-6 bulan di Wilayah Kerja Puskesmas Rubaru Kabupaten Sumenep. Variabel independennya : anatomi papila payudara, frekuensi hisapan bayi dan obat-obatan. Variabel dependennya adalah produksi ASI pada ibu menyusui bayi usia 4-6 bulan. Pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara dengan kuesioner yang diolah dengan menggunakan tabulasi silang uji korelasi cramer’s V. Hasil penelitian menunjukkan hampir setengahnya ibu menyusui memiliki papila payudara tipikal sebesar (48,9%), sebagian besar frekuensi hisapan bayi yang sering sebesar (57,4%), dan sebagian besar menggunakan obat-obatan sebesar (53,2%) dan Produksi ASI-nya lancar sebesar (59,6%). Dari hasil uji korelasi cramer’s diperoleh hasil bahwa ada pengaruh antara anatomi papila payudara terhadap produksi ASI pada ibu menyusui bayi 4-6 bulan dengan p hitung (0,006) < 0,05 dan ada pengaruh antara frekuensi hisapan bayi terhadap produksi ASI pada ibu menyusui bayi usia 4-6 bulan dengan ρ hitung (0,000) < 0,05 serta ada pengaruh obat-obatan terhadap produksi ASI pada ibu menyusui bayi usia 4-6 bulan dengan ρ hitung (0,014) < 0,05. jadi dapat disimpulkan anatomi papila payudara, frekuensi hisapan bayi dan obat-obatan mempengaruhi produksi ASI pada ibu menyusui bayi usia 4-6 bulan. Bidan seharusnya menyarankan kepada ibu untuk melakukan perawatan payudara atau papilla payudara atau bidan seharusnya memberikan dukungan pada ibu menyusui pendidikan konseling tentang papapila payudara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 20 - 12 Sus a
Uncontrolled Keywords: BREAST MILK
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
Endang Susanti, 101011339UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKuntoro, Prof. , dr., M.PH, Dr.PHUNSPECIFIED
Depositing User: hari
Date Deposited: 22 Nov 2012 12:00
Last Modified: 07 Sep 2016 04:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23675
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item