MEMPELAJARI PERILAKU MELANGGAR SAFETY SIGN BERDASARKAN FAKTOR INTERNAL PEKERJA KONSTRUKSI (PT Hutama Karya (Persero) Proyek Pembangunan Jalan Tol Mojokerto-Kertosono)

SABRINA YUARINI, 101211123058 (2014) MEMPELAJARI PERILAKU MELANGGAR SAFETY SIGN BERDASARKAN FAKTOR INTERNAL PEKERJA KONSTRUKSI (PT Hutama Karya (Persero) Proyek Pembangunan Jalan Tol Mojokerto-Kertosono). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-yuarinisab-33582-7.abstr-k.pdf

Download (623kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
SABRINA YUARINI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

PT Hutama Karya (Persero) bergerak dibidang industri jasa konstruksi, dimana dalam kegiatannya memiliki tingkat resiko kecelakaan kerja di tempat kerja terutama di area batching plant yaitu 36 kecelakaan teridentifikasi, salah satu penyebabnya adalah melanggar safety sign, oleh karena itu diperlukannya kepatuhan agar pekerja tidak melanggar safety sign. Kepatuhan merupakan salah satu bentuk perilaku yang dapat dipengaruhi oleh faktor internal maupun eksternal, perusahaan telah membuat peraturan, prosedur dan adanya pengawas yang merupakan bentuk dari faktor eksternal. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan faktor internal dengan perilaku melanggar safety sign. Penelitian ini termasuk penelitian observasional dan menurut waktunya penelitian ini termasuk penelitian cross sectional. Data primer dikumpulkan dengan cara wawancara dan observasi. Obyek penelitian ini adalah seluruh pekerja yang ada di area batching plant. Analisis data secara deskriptif dengan cara univariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal yang terdiri dari variabel karakteristik pekerja, pengetahuan, motivasi dan persepsi memiliki hubungan dengan perilaku melanggar safety sign. Sedangkan variabel sikap tidak memiliki hubungan dengan perilaku melanggar safety sign. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat hubungan antara variabel sikap dengan perilaku melanggar safety sign. Perusahaan disarankan mengadakan perbaikan pada safety sign yang rusak, memberi hadiah pada pekerja yang patuh pada safety sign dan sanksi pada pekerja yang melanggar safety sign.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK. FKM. 170-14 Yua m
Uncontrolled Keywords: BEHAVIOR; SEFETY SIGN
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T55-T55.3 Industrial safety. Industrial accident prevention
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
SABRINA YUARINI, 101211123058UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDenny Ardyanto W., Dr. Y., Ir., M.S.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 27 Oct 2014 12:00
Last Modified: 04 Jul 2017 21:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23843
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item