Okta Anggraini, 100511663 (2009) PENGARUH STIMULUS IKLAN ROKOK TERHADAP PERSEPSI ORGANISM DAN PERILAKU MEROKOK PADA PELAJAR USIA REMAJA AWAL DI KABUPATEN BANYUWANGI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2010-anggrainio-12326-fkm330-k.pdf Download (306kB) | Preview |
|
Text (FULL TEXT)
24085.pdf Restricted to Registered users only Download (851kB) | Request a copy |
Abstract
Permasalahan merokok pada anak sudah memprihatinkan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa alasan merokok remaja karena pengaruh orang tua, teman sebaya, faktor kepribadian, iklan rokok. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan pengaruh stimulus iklan rokok terhadap persepsi dan perilaku merokok pelajar usia 13-15 tahun di Kabupaten Banyuwangi. Penelitian dilakukan secara deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Wawancara mendalam dilakukan pada 8 pelajar yang merokok. Penentuan Informan dilakukan dengan cara snow ball. Variabel yang diteliti adalah karakteristik responden, stimulus iklan rokok, persepsi, dan perilaku merokok responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelajar umumnya terdorong untuk merokok melalui iklan rokok. Jargon pada iklan rokok dapat menjadi motivasi seseorang untuk merokok. Persepsi pelajar tentang merokok setelah melihat iklan rokok adalah merokok dapat meningkatkan kepercayaan diri, menjadi macho, alat pergaulan, dan dapat menghilangkan stress. Dalam penelitian ini, iklan rokok menjadi motivator untuk memilih dan mencoba merk rokok yang diiklankan serta menimbulkan keinginan untuk merokok. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah citra yang ditampilkan iklan rokok dapat membangun persepsi positif tentang merokok dan mempengaruhi perilaku merokok pada pelajar usia remaja.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKC KK FKM 33 09 Ang p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | ADVERTISING; CONSUMER BEHAVIOR | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF1-6182 Commerce H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1041-1101 Social perception. Social cognition Including perception of the self and others, prejudices, stereotype H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ793-799.2 Youth. Adolescents. Teenagers |
||||||
Divisions: | 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Tn Fariddio Caesar | ||||||
Date Deposited: | 07 Jul 2010 12:00 | ||||||
Last Modified: | 05 Jun 2017 21:43 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/24085 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |