PENGARUH SANITASI PONDOK PESANTREN, HIGIENE PERORANGAN DAN KEJADIAN PENYAKIT TERHADAP PRESTASI BELAJAR SANTRI

Agus Aan Andriansyah, 100511650 (2009) PENGARUH SANITASI PONDOK PESANTREN, HIGIENE PERORANGAN DAN KEJADIAN PENYAKIT TERHADAP PRESTASI BELAJAR SANTRI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2010-andriansya-12583-fkm880-k.pdf

Download (313kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-andriansya-10991-fkm880-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Prestasi belajar khususnya untuk santri di lingkungan pondok pesantren sangatlah penting untuk selalu ditingkatkan. Dalam pelaksanaannya terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi, diantaranya faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi higiene perorangan santri dan kejadian penyakit. Faktor eksternal meliputi kondisi sanitasi pondok pesantren. Penelitian ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Sunan Drajat, Banjaranyar, Paciran, Lamongan. Penelitian ini merupakan penelitian analitik yang dilakukan secara observasional dengan rancang bangun cross sectional dan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari beberapa variabel independent terhadap variabel dependent. Variabel independent yang diteliti meliputi kondisi sanitasi pondok pesantren, higiene perorangan santri dan kejadian penyakit. Sedangkan variabel dependent yang diteliti adalah prestasi belajar santri. Sampel dalam penelitian ini merupakan santri putra Pondok Pesantren Sunan Drajat dengan pendidikan MTs. Jumlah sampel sebanyak 97 santri yang diambil dari populasi dengan cara proportional random sampling. Data diperoleh dari data primer dan data sekunder. Pengujian variabel dilakukan dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Variabel yang diteliti akan berpengaruh terhadap prestasi belajar santri apabila memenuhi syarat p < 0,05. Hasil yang didapat pada penelitian ini yaitu variabel sanitasi pondok pesantren memiliki nilai p = 0,000. Variabel higiene perorangan santri memiliki nilai p = 0,936. Variabel kejadian penyakit memiliki nilai p = 0,143. Dari penelitian ini, variabel yang berpengaruh terhadap prestasi belajar santri di Pondok Pesantren Sunan Drajat, Banjaranyar, Paciran, Lamongan adalah variabel sanitasi pondok pesantren. Oleh sebab itu, dibutuhkan peningkatan kualitas dan kuantitas dari sanitasi pondok pesantren untuk meningkatkan prestasi belajar santri. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan penyediaan sarana asrama atau kamar santri yang sesuai standar dan perbaikan sarana sanitasi dasar pondok pesantren seperti penyediaan kamar mandi/WC.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 88/09 And p
Uncontrolled Keywords: HYGIENE; SANITATION
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA773-788 Personal health and hygiene
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Lingkungan
Creators:
CreatorsNIM
Agus Aan Andriansyah, 100511650UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDr. Ririh Yudhastuti,, drh., M.ScUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 15 Jul 2010 12:00
Last Modified: 03 Oct 2016 09:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/24140
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item