ANDRE CHANDRA BHUANA, 040730922 (2012) PERAN DARI SIFAT INOVATIF KONSUMEN DAN PERSEPSI TERHADAP RISIKO DALAM PENGGUNAAN ONLINE BANKING DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (316kB) | Preview |
|
Text (fulltext)
2502.pdf Restricted to Registered users only Download (882kB) | Request a copy |
Abstract
Pengggunaan online banking telah menjadi sebuah cara transaksi perbankan yang semakin meluas pada saat ini. Pada umumnya, sebagian besar bank telah memfasilitasi nasabah dengan layanan online banking , lengkap dengan fitur-fitur menarik yang ditawarkan. Masyarakat pun mulai bergulir dari cara transaksi konvensional beranjak menggunakan layanan online banking . Cara penggunaan online banking tersebut dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor yang mendukung ataupun yang kurang mendukung, antara lain sifat inovatif dan persepsi terhadap risiko. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana sifat inovatif dapat digunakan sebagai variabel untuk secara positif mempengaruhi penggunaan online banking dan sekaligus juga mereduksi persepsi terhadap risiko. Persepsi terhadap risiko dapat diartikan sebagai penilaian individu atas kecenderungannya sendiri terhadap konsekuensi kerugian dan keuntungan yang muncul serta tingkatan konsekuensinya. Sifat inovatif sebagai suatu kecenderungan yang mendasari konsumen untuk mengadopsi produk-produk atau ide-ide baru. Pengaruh dari sifat inovatif dan persepsi terhadap risiko pada penggunaan online banking telah diuji melalui teknik Structural Equation Modeling. Pengambilan data sampel yang berjumlah 100 orang yang merupakan pengguna online banking di Surabaya ini dilakukan melalui survey lapangan. Persepsi terhadap risiko diukur sebagai konstruk formatif. Alat ukur penelitian ini berdasar kuesioner dengan 20 item. Konstruk yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari penelitian terdahulu menggunakan likert 4 skala. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa sifat inovatif adalah sebagai kunci untuk meningkatkan penggunaan online banking sekaligus secara efektif mengurangi persepsi konsumen terhadap risiko penggunaan internet dalam konteks layanan finansial. Peran persepsi terhadap risiko konsumen sebagai faktor determinan dari penggunaan online banking mengarah pada semakin tingginya persepsi terhadap risiko mengakibatkan semakin rendah pula penggunaan online banking . Kata Kunci: sifat inovatif, persepsi terhadap risiko, penggunaan online banking
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 B 117 / 11 Bhu p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | CONSUMER INNOVATIVENESS | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Mr Mudjiono Mudj | ||||||
Date Deposited: | 09 Jan 2012 12:00 | ||||||
Last Modified: | 06 Jun 2017 15:02 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/2502 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |