PENGARUH LATIHAN IMAGERY RELAXING TERHADAP PENURUNAN TINGKAT KECEMASAN WANITA PENDERITA KANKER PAYUDARA SEBELUM MENJALANI OPERASI DI IRNA BEDAH A (Aster) dan H (Herbra) RSU DR. SOETOMO, SURABAYA

Oriska Triharyani, 110110497 (2005) PENGARUH LATIHAN IMAGERY RELAXING TERHADAP PENURUNAN TINGKAT KECEMASAN WANITA PENDERITA KANKER PAYUDARA SEBELUM MENJALANI OPERASI DI IRNA BEDAH A (Aster) dan H (Herbra) RSU DR. SOETOMO, SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2006-triharyani-1315-psi.44_-t.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
26571.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah ada pengaruh latihan Imagery Relaxing terhadap penurunan tingkat kecemasan wanita penderita kanker payudara sebelum menjalani operasi di IRNA Bedah A dan H RSU Dr. Soetomo Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi) dengan tipe desain eksperimen non equivalent control group design. Variabel-variabel yang terlibat dalam penelitian ini adalah: variabel bebas berupa latihan Imagery Relaxing, variabel terikat berupa tingkat kecemasan wanita penderita kanker payudara sebelum menjalani operasi serta variabel kontrol berupa status pernikahan, belum pernah menjalani operasi, waktu pemberian pretest dan posttest, instruktur latihan, sesi latihan, waktu, tempat dan peralatan latihan. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sampling non probability sampling secara aksidental, yaitu ketika peneliti menjumpai subyek yang sesuai dengan kriteria, peneliti akan langsung meminta kesediaan untuk dijadikan sampel penelitian. Kriteria untuk sampel penelitian adalah pendidikan minimal SMU, telah didiagnosis penderita kanker payudara, telah dirawat di IRNA Bedah A dan H minimal selama satu hari dan sedang menunggu jadwal operasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Psi.44/06 Tri p
Uncontrolled Keywords: ANXIETY; IMAGERY (PSYCHOLOGY)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF180-205 Experimental Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Oriska Triharyani, 110110497UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNurul Hartani, SPsi.,MkesUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Septian Eko Budianto
Date Deposited: 19 Jun 2006 12:00
Last Modified: 12 Dec 2018 15:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26571
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item