ANALISIS SEMIOTIK IKLAN AIR MINUM DALAM KEMASAN AQUA VERSI "KELUARGA BANYU" DI MEDIA TELEVISI

ANTONIUS PRIANTO, 120410716 (2012) ANALISIS SEMIOTIK IKLAN AIR MINUM DALAM KEMASAN AQUA VERSI "KELUARGA BANYU" DI MEDIA TELEVISI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2012-priantoant-21801-9.abstrak.pdf

Download (200kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui makna–makna apa yang terkandung dalam lambang-lambang komunikasi pada iklan air minum dalam kemasan AQUA versi “Keluarga Banyu” di media televisi. Penulis juga memperoleh penjelasan, bagaimana cara pesan–pesan disampaikan melalui iklan air minum dalam kemasan AQUA versi “Keluarga Banyu”. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis semiologi komunikasi. Sebagai sebuah penelitian deskriptif, penelitian ini hanya memaparkan situasi atau wacana, tidak mencari hubungan, tidak menguji hipotesis atau membuat prediksi. Data dalam penelitian ini adalah data kualitatif (data yang bersifat tanpa angka–angka atau bilangan), sehingga data bersifat kategori substansif yang kemudian diinterpretasikan dengan rujukan, acuan, dan referensi–referensi ilmiah. Dalam analisis data, penulis menggunakan sistem signifier (penanda) adalah bunyi atau coretan bermakna, dan signified adalah gambar mental atau konsep sesuatu dari signifier (penanda) yang dikemukakan oleh Saussure. Hubungan antara keberadaan fisik tanda atau konsep mental tanda tersebut dinamakan signification. Dengan kata lain signification adalah upaya memberi makna terhadap dunia. Dari analisis yang telah dilakukan, dapat disimpulkan, makna pesan dari iklan air minum dalam kemasan AQUA versi “Keluarga Banyu” di media televisi adalah membimbing masyarakat untuk hidup sehat dengan air yang sehat, terutama anak-anak agar menjadi anak-anak sebagai penerus bangsa yang sehat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS.BI.50/12 Pri a
Uncontrolled Keywords: ADVERTISING
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
ANTONIUS PRIANTO, 120410716UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDwi Handayani, Dra. , M. Hum.UNSPECIFIED
Depositing User: hari
Date Deposited: 18 Dec 2012 12:00
Last Modified: 07 Sep 2016 07:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/27174
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item