PRAKTIK TINDAK TUTUR ANAK KELAS B TK BINA INSAN CEMERLANG SURABAYA

PRAWITA DINI ARUMSARI, 120710005 (2012) PRAKTIK TINDAK TUTUR ANAK KELAS B TK BINA INSAN CEMERLANG SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2012-arumsaripr-21843-7.abstrak.pdf

Download (155kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (620kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tindak tutur anak dapat dilihat ketika mereka berinteraksi dengan teman sebaya dan guru saat berada di Taman Kanak-Kanak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk praktik tindak tutur serta pengaruh tindak pertuturan tersebut terhadap pada anak kelas B di TK Bina Insan Cemerlang, Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, merupakan prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari objek yang diteliti. Peneliti memperoleh data dengan cara observasi, teknik rekam, teknik catat, dan metode simak, libat serta metode cakap. Adapun tindak tutur yang peneliti amati ada tiga, meliputi: (1) tindak lokusi, yaitu tindak tutur yang mengutamakan isi ujaran yang dituturkan oleh penutur; (2) tindak ilokusi, tindak tutur yang bertujuan untuk menganalisis suatu ujaran yang memiliki makna; dan (3) tindak perlokusi, yaitu menitikberatkan pada usaha untuk mempengaruhi lawan tutur agar bersedia melaksanakan tindakan yang diinginkan oleh penutur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS.BI.61/12 Aru p
Uncontrolled Keywords: CONVERSATION
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics > BJ1725 Ethics of Social Groups, Classes, etc., Professional Ethics
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
PRAWITA DINI ARUMSARI, 120710005UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMoch. Jalal, S.S., M. Hum.UNSPECIFIED
Depositing User: hari
Date Deposited: 19 Dec 2012 12:00
Last Modified: 08 Sep 2016 04:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/27184
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item