WACANA SEKSUALITAS DALAM NOVEL GARIS TEPI SEORANG LESBIAN KARYA HERLINATIENS

Wati, Ria Diana, NIM. 120010228 (2008) WACANA SEKSUALITAS DALAM NOVEL GARIS TEPI SEORANG LESBIAN KARYA HERLINATIENS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-watiriadia-7360-fsbi05-k.pdf

Download (309kB) | Preview
[img] Text (full text)
gdlhub-gdl-s1-2008-watiriadia-7327-fsbi05-w.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berjudul Wacana Seksualitas dalam Novel Garis Tepi Seorang Lesbian Karya Herlinatiens, yakni suatu usaha untuk membedah makna yang lebih mendalam tentang wacana seksualitas yang ditampilkan dalam GTSL. Untuk memahami makna yang terkandung dalam novel GTSL diperlukan analisis hermeneutic Paul Ricoeur serta analisis aktansial dari A.J Greimass. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perjuangan hidup seorang homoseks lesbian dalam menghadapi masyarakat hetero patriarkhi. Disamping mengetahui wacana seksualitas dalam novel GTSL. Analisis aktansial dalam penelitian novel GTSL ini belum mencapai pemahaman makna yang lebih dalam . Analisis tersebut hanya sampai pada tujuan tokoh utama (subjek) dalam mencapai keinginanya. Untuk mengetahui makna yang lebih dalam maka diperlukan metode apropriasi (meminjam istilah Paul Ricoeur yang berarti memahami). Pada bab pembahasan mengenai wacana seksualitas dijelaskan tentang pandangan Paria (tokoh utama yang mempunyai orientasi seksual lesbi) mengenai sexual desire, relasi seksual pada lesbian, pandangannya terhadap pernikahan hetero, serta pandangannya terhadap maskulinitas. Kesemuanya mengarah pada kritik terhadap heteroseksualitas. Heteroseksualitas adalah pandangan yang mengakui bahwa bentuk relasi seksual hanya bertujuan untuk prokreasi, menghasilkan keturunan. Sedangakan bentuk relasi seksual di luar itu, seperti homoseks tidak pernah diakui bahkan keberadaannya dianggap sebagai suatu penyakit yang harus disembuhkan atau dimusnahkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS BI 05/08 Wat w
Uncontrolled Keywords: SEXUAL EXPLOITATION; FICTION
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ12-449 Sexual life > HQ75-76.8 Homosexuality. Lesbianism
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1865-1988 Special types
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
Wati, Ria Diana, NIM. 120010228UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorListiyono Santoso, S.S.,M.Hum.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 10 Jul 2008 12:00
Last Modified: 15 Jun 2017 19:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/27383
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item