STRATEGI DIREKTIF GURU TK DALAM MENYURUH ANAK DIDIK UNTUK BERAKTIVITAS DI KELAS KAJIAN PRAGMATIK

Megi Amalia Winanti (2008) STRATEGI DIREKTIF GURU TK DALAM MENYURUH ANAK DIDIK UNTUK BERAKTIVITAS DI KELAS KAJIAN PRAGMATIK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (800kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (616kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (798kB)
[img] Text (BAB I)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB II)
5. BAB II DESKRIPSI OBJEK PENELITIAN.pdf

Download (873kB)
[img] Text (BAB III)
6. BAB III TEMUAN DAN ANALISIS DATA.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB IV)
7. BAB IV SIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (840kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (611kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian yang berjudul "Strategi Direktif Guru TK dalam Menyuruh Anak Didik untuk Beraktivitas Di Kelas" Kajian Pragmatik bertujuan untuk (1) mengetahui strategi direktif guru TK, (2) mengetahui hal-hal yang mempengaruhi guru TK dalam memakai strategi direktif tersebut, dan (3) mengetahui tindakan murid setelah ada perintah dari guru yang memakai strategi direktif tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode yang bersifat deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah, pertama kita mengetahui macam-macam strategi direktif yang dipakai oleh guru TK dalam menggerakkan anak didiknya, antara lain strategi direktif langsung, yaitu dengan perintah biasa dan perintah larangan dan strategi direktif tidak langsung, antara lain dengan permintaan, ajakan, kalimat berita, sindiran, pertanyaan, mengancam, rayuanisanjungan, dan syarat. Kedua, guru TK dalam memakai strategi direktif dipengaruhi oleh sikap murid di kelas, sikap murid terhadap perintah guru, dan tujuan yang ingin dicapai oleh guru berkaitan dengan pelajaran saat itu. Ketiga, tindakan murid setelah ada perintah guru dengan strategi direktifnya bermacam-macam, ada yang iangsung dipenuhi karena sudah mengerti maksud guru dan ada yang tidak langsung dipenuhi karena belum jelas perintahnya dan ada yang memang murid tidak ingin mematuhi perintah guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS BI 15/08 Win s
Uncontrolled Keywords: COMMUNICATION-PSYCHOLOGICAL ASPECTS
Subjects: Q Science > Q Science (General) > Q181-183 Study and Teaching
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Ilmu Sejarah
Creators:
CreatorsNIM
Megi Amalia WinantiNIM120310505
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorM.Jalal, S.S.,M.HumNIDN0010086905
Depositing User: Tn Septian Eko Budianto
Date Deposited: 29 Jul 2010 12:00
Last Modified: 13 Nov 2023 09:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/27592
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item