BETY CICIC ANGGRAINI, 101311123052 (2016) ANALISIS CONVENNIENCE PEMANFAATAN PELAYANAN PERSALINANA SEBAGAI REKOMENDASI PENINGKATAN KUNJUNGABN PASIEN UMUM DI RS DKT GUBENG POJOK SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (HALAMAN DEPAN)
1. HALAMAN DEPAN.compressed.pdf Download (629kB) | Preview |
|
Text (PENDAHULUAN)
2 BAB 1 PENDAHULUAN.compressed.pdf Restricted to Registered users only Download (195kB) | Request a copy |
||
Text (TINJAUAN PUSTAKA)
3 BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA.compressed.pdf Restricted to Registered users only Download (250kB) | Request a copy |
||
Text (KERANGKA KONSEPTUAL)
4 BAB 3 KERANGKA KONSEPTUAL.compressed.pdf Restricted to Registered users only Download (123kB) | Request a copy |
||
Text (METODE PENELITIAN)
5 BAB 4 METODE PENELITIAN.compressed.pdf Restricted to Registered users only Download (198kB) | Request a copy |
||
Text (HASIL PENELITIAN)
6 BAB 5 HASIL PENELITIAN.compressed.pdf Restricted to Registered users only Download (342kB) | Request a copy |
||
Text (PEMBAHASAN)
7 BAB 6 PEMBAHASAN.compressed.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) | Request a copy |
||
Text (KESIMPULAN DAN SARAN)
8 BAB 7 KESIMPULAN DAN SARAN.compressed.pdf Restricted to Registered users only Download (115kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9 DAFTAR PUSTAKA.compressed.pdf Restricted to Registered users only Download (122kB) | Request a copy |
||
Text (LAMPIRAN)
10 LAMPIRAN.compressed.pdf Restricted to Registered users only Download (908kB) | Request a copy |
Abstract
Rumah Sakit DKT Gubeng Pojok merupakan rumah sakit berbasis militer yang menyelenggarakan pelayanan persalinan. Namun pemanfaatan pelayanan persalinan di kamar bersalin RS DKT Gubeng Pojok mengalami penurunan sebesar 9,17% setiap triwulannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis convenience pemanfaatan pelyanan persalinan sebagai rekomendasi peningkatan kunjungan pasien umum di RS DKT Gubeng Pojok Surabaya. Penelitian dilaksanakan di RS DKT Gubeng Pojok Surabaya dengan rancangan penelitian observasional cross sectional terhadap 60 responden yang mewakili pasien bersalin dalam satu bulan. Pengumpulan data menggunakan kuesioner untuk mengetahui penilaian responden terhadap variabel service convenience yang meliputi decision convenience, access convenience, transaction convenience, benefit convenience, kepuasan dan kualitas jasa. Pengambilan sampel secara systematic random sampling kemudian dianalisis dengan metode distribusi frekuensi, regresi logistik dan matriks posisi. Pengolahan data dan informasi menghasilkan isu strategis yang digunakan sebagai landasan dalam upaya penyusunan rekomendasi dalam peningkatan kunjugan pasien umum di RS DKT Gubeng Pojok. Hasil penelitian dengan regresi logistik menunjukkan bahwa pendapatan, kebiasaan bersalin dan penyulit persalinan memiliki pengaruh dalam kecepatan pengambilan keputusan tempat bersalin, preferensi berpengaruh terhadap proses memilih tempat persalinan, kedekatan dengan petugas kesehatan dan kebiasaan bersalin memiliki pengaruh terhadap mengakses tempat bersalin, dan jenis pekerjaan memiliki pengaruh dalam kemudahan prosedur administrasi. Hasil analisis dengan matrik posisi ditemukan beberapa sub variabel yang menjadi prioritas yaitu: 1) decision convenience yang perlu diperhatikan adalah masih perlu ditingkatkan mengenai kecepatan pengambilan keputusan dan memutuskan tempat bersalin, 2) access convenience yang juga masih perlu ditingkatkan dalam hal kedekatan dengan petugas kesehatan, jarak dan biaya, 3) transaction convenience sudah baik dan harus dipertahankan 4) benefit convenience perlu segera diperbaiki mengenai pengorbanan dan manfaat yang diperoleh. Matriks posisi penilaian kualitas jasa pada bukti fisik dan jaminan masih perlu ditingkatkan lagi namun tidak urgent, sedangkan kehandalan, daya tanggap dan kepedulian sudah baik namun tetap dipertahankan. Terdapat sejumlah rekomendasi yang disusun berdasarkan hasil temuan penelitian. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa upaya-upaya peningkatan pasien umum di RS DKT Gubeng Pojok Surabaya dilakukan melalui mempertahankan dan meningkatkan kenyamanan kualitas pelayanan dengan pertimbangan ketersediaan sumber daya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKC KK FKM.50/16 Ang a | ||||||
Uncontrolled Keywords: | SERVICE QUALITY, SERVICE CONVENIENCE, LABOUR, SATISFACTION | ||||||
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics R Medicine > RG Gynecology and obstetrics > RG1-991 Gynecology and obstetrics > RG500-991 Obstetrics > RG551-591 Pregnancy |
||||||
Divisions: | 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Administrasi Kebijakan Kesehatan | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Ika Rudianto | ||||||
Date Deposited: | 29 Apr 2016 23:27 | ||||||
Last Modified: | 13 Jun 2017 17:13 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/29283 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |